Fungsi Batik - masrafli.com

Rabu, 20 September 2017

Fungsi Batik

Batik memiliki dua fungsi, yaitu : 

1. Batik sebagai Benda Pakai (fungsi praktis)

hal ini batik digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.Batik tidak hanya sebagai kain panjang atau sarung dang ikat kepala, yang digunakan untuk upacara adat dan keagamaan, tetapi digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya batik untuk pakaian, penutup tempat tidur, taplak meja, sarung bantal, selimut, untuk hiasan dinding dan sebagainya.Saat ini fungsi batik makin berkembang, terutama sebagai pakaian dengan jenis dan model yang bervariasi.

Batik digunakan untuk sarung bantal

2. Batik sebagai Benda Ekspresi (fungsi ekspresi)

Pada perkembangan selanjutnya, batik berfungsi sebagai lukisan (lukisan batik).Lalu secara estetis atau keindahan batik juga bisa dijadikan sebagai hiasan yang menarik, contohnya saja seperti : batik tulis yang bisa di bingkai dan bisa dijadikan perhiasan.Dalam hal ini teknik batik sebagai media ekspresi seniman.Contohnya karya lukisan batik dari Amri Yahya, Kuswaji, Bagong Kusudiarjo, dan yang lainnya.

Batik lukis
Pada era globalisasi, batik bukan hanya dijadikan sebagai barang yang memiliki bilai magic bukan sihir ya, dan hanya dimiliki ileh kalangan atas saja, tetapi batik bisa dijumpai di mana-mana dengan motif yang berbeda, batik bukan hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja tetapi para Touris yang berkunjung ke Indonesia pun tertarik dengan batik ini.Oleh karena itu batik perlu dikembangkan dengna motif-motif yang beragam, untuk menambah kekayaan dan keindahan motif-motif batik.

Demikian artikel mengenai Fungsi Batik. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done