Apa itu 5G? Dengan Standar Kecepatan 20Gbps

Ponsel adalah inti dari komunikasi di dunia modern. Kita telah melihatnya berkembang dari versi nirkabel telepon darat, menjadi apa smartphone yang kita genggam setiap hari. Ini semua dimungkinkan sebagian besar berkat kemajuan dalam jaringan seluler.

Dalam dua dekade terakhir, kita telah melihat teknologi jaringan seluler berkembang pesat, dalam hal kualitas panggilan, kecepatan data, serta area jangkauan. Standar arus utama saat ini adalah generasi keempat dari teknologi seluler, lebih dikenal sebagai 4G.

Kita sekarang siap untuk melompat ke generasi berikutnya dari jaringan seluler, 5G.


frekuensi 5g
Sumber : Google


Evolusi Teknologi Seluler

Teknologi seluler pertama kali digunakan pada skala luas pada 1979, oleh NTT, di Tokyo, Jepang. Disebut 1G, teknologi ini menyebar ke AS, dan Eropa pada 1980. Saat itu, ada beberapa standar berbeda. Pada tahun 1991, 2G diluncurkan, merampingkan standar.

2G juga membawa data, yang membuka jalan bagi ponsel untuk mengakses internet, hingga 64Kbps. Dengan tambahan generasi menengah ke 2G seperti GPRS dan EDGE, kecepatan data meningkat, hingga 384Kbps.

Ini diikuti oleh 3G pada tahun 2001, yang meningkatkan standar kecepatan hingga 56Mbps.

4G telah menjadi lompatan besar dalam hal kecepatan. Diperkenalkan pada 2009, 4G juga melalui revisi, dengan revisi terbaru, dijuluki LTE-A, naik hingga 1Gbps dalam kecepatannya.

Proyek Kemitraan Generasi ke-3, yang juga dikenal sebagai 3GPP menangani pengembangan dan pemeliharaan jaringan seluler. 5G telah dikembangkan untuk sementara waktu, dan 3GPP akhirnya menetapkan standar awal untuk 5G pada tahun 2018.


Frekuensi dan Kecepatan 5G: Apa yang Baru?

Premis inti dari 5G adalah dibutuhkan kecepatan menjadi gigabit per detik. Sampai sekarang, standar membutuhkan setidaknya hingga kecepatan 20Gbps, tetapi ini baru permulaan. Kecepatan terikat untuk melihat peningkatan lebih lanjut karena lebih banyak revisi datang.

Berbicara tentang frekuensi, 5G beroperasi pada rentang yang luas. Rentang frekuensi lebih besar dari semua jaringan sebelumnya, mulai dari serendah 600MHz, hingga 71GHz.

Ini berarti 5G akan menggunakan bagian panjang gelombang rendah dari spektrum, juga dikenal sebagai mmWave, yang terletak antara 24-100GHz. Ini adalah dorongan besar untuk kecepatan, tetapi dengan biaya area cakupan.


Sumber : Qualcomm

Ini juga berarti bahwa jaringan dapat memanfaatkan beamforming, untuk memfokuskan sinyal pada area yang memiliki lalu lintas lebih berat, yang bertentangan dengan pendekatan omnidirectional 4G, dan jaringan yang lebih lama.

5G seharusnya menjadi langkah besar dalam evolusi jaringan seluler. Industri ini berpikir bahwa ini bisa menjadi lompatan besar generasi terakhir, dan hanya perlu revisi kecil.


Chipset dan Smartphone 5G

Seperti yang kita ketahui, setiap generasi besar dari jaringan seluler berarti bahwa Anda memerlukan smartphone baru yang dilengkapi dengan teknologi untuk dapat menggunakannya. Industri telah mulai meluncurkan perangkat keras, dan Qualcomm memimpin.

Qualcomm telah merilis Snapdragon 855, yang memiliki modem X50 5G bawaan. Modem ini mendukung 5G. Kecepatannya mencapai maksimum teoritis 5Gbps, yang seperti yang kita ketahui, tidak mendekati standar yang diharapkan.

Beberapa pembuat smartphone Cina sudah mulai memasarkan dengan tag 5G. Xiaomi telah meluncurkan Mi Mix 3, yang dipasarkan sebagai ponsel 5G. Namun, varian 5G tidak akan diluncurkan untuk pasar hingga pertengahan 2019. Di sisi lain, LG telah berjanji untuk merilis ponsel 5G di AS pada awal 2019.

Samsung S10 juga sedang dalam pengembangan, dan kemungkinan besar akan dikirimkan bersama Snapdragon 855. Ini akan dirilis pada awal 2019, juga. Sejauh Apple berjalan, sepertinya iPhone tidak akan melompat pada kereta musik 5G begitu cepat. Apple lebih cenderung menunggu sampai jaringannya sepenuhnya terstandarisasi.


5G dan Internet of Things

Internet of Things telah menjadi topik utama yang menarik dalam beberapa tahun terakhir, dan 5G terlihat menjanjikan untuk itu. Ada upaya untuk mendorong IOT sebelumnya, tetapi mereka belum benar-benar terwujud dengan baik.

Jika kita mendapatkan implementasi yang ideal, 5G akan meningkatkan kemungkinan mengintegrasikan IoT dengan jaringan utama.

5G bekerja dalam rentang frekuensi yang mencakup sebagian besar frekuensi di mana jaringan area lokal saat ini digunakan, serta frekuensi jaringan seluler. 5G berharap menjadi lebih dari sekedar jaringan seluler. Sebaliknya, ini bertujuan untuk menjadi "satu jaringan sejati" yang dapat mengintegrasikan semua komunikasi nirkabel.

5G juga bertujuan untuk mendapatkan produsen di papan untuk mendorong 5G IoT sebagai standar. Nama-nama besar seperti Qualcomm dan Ericsson sudah mulai melakukan hal ini.

Tentu saja, ada standar IOT lainnya yang saat ini digunakan, yang diterima secara luas. 5G akan mengintegrasikan beberapa di antaranya, seperti NB-IoT dan LTE-M. Ini adalah keuntungan besar yang kemungkinan menjadikan 5G sebagai pusat IoT, seiring kami melangkah maju.


Apakah kita sudah memiliki Jaringan 5G ?

Secara teknis, tidak. Jaringan 5G pertama-tama akan disetujui pada pertengahan 2019. Namun, pada 2018, beberapa operator AS sudah mulai menawarkan jaringan 5G. Ini tidak lain adalah pemasaran yang cerdas.

Verizon meluncurkan layanan internet rumah 5G mereka pada Oktober 2018. Namun, ini sebenarnya bukan 5G standar yang seharusnya diluncurkan oleh semua orang. Verizon mengklaim bahwa mereka sedang transisi menuju 5G yang sebenarnya, karena standardisasi tidak cukup cepat.

AT&T juga meluncurkan jaringan yang seharusnya 5G, dengan harga yang lumayan. Ini dikerahkan melalui router dan akan dikenakan biaya $ 499 di muka, dengan biaya bulanan $ 70 untuk 15GB data.


Haruskah Anda Mendapatkan 5G Sekarang?

Standardisasi adalah bagian besar dari generasi baru jaringan seluler. 5G akan melihat penyebaran aktual pada tahun 2019, yang berarti bahwa sampai sekarang, setiap uang yang dihabiskan untuk 5G, kemungkinan tidak memiliki pembuktian di masa depan, atau sebenarnya menjadi 5G.

Selain itu, Anda mungkin ingin bertahan bahkan setelah peluncuran 5G sejati awal. Ini adalah lompatan besar bagi jaringan seluler, jadi ide terbaik adalah memberinya waktu. Setelah semua jaringan dan produsen ponsel mulai meluncurkan 5G, Anda harus siap.

0 Response to "Apa itu 5G? Dengan Standar Kecepatan 20Gbps "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel