Cara Menjaga Keamanan Sistem Aplikasi Sosial Media

Pada 2016, sebuah studi Universitas Phoenix mengungkapkan bahwa dua dari tiga orang dewasa A.S. menyadari bahwa akun media sosial mereka telah diretas. Lebih lanjut, mayoritas orang dewasa membatasi informasi pribadi apa yang mereka bagikan.

Namun para peretas terus berdatangan.

Meskipun sangat menyenangkan melihat pentingnya keamanan dan privasi online, peretas tidak akan terganggu. Seluruh rencana permainan mereka bergantung pada menemukan jarum dalam jerami, dan mengeksploitasinya untuk keuntungan mereka sendiri. Kita harus tetap selangkah lebih maju setiap saat.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengendalikan keamanan jaringan sosial Anda.


Mengapa Akun Sosial Media perlu diamankan ?

Anda tahu bahwa para peretas ada di luar sana. Mereka dapat melakukan begitu banyak kerusakan dengan akun media sosial Anda. Hanya satu kata sandi yang digunakan kembali (bocor dari berbagai database yang dibuang), atau email phishing yang secara tidak sengaja Anda klik, dan Anda dijebak, baik Anda mengetahuinya atau tidak.

Studi Universitas Phoenix menemukan banyak hal. Inilah yang penting bagi kita saat ini:


"Hampir dua dari tiga orang dewasa A.S. yang memiliki profil media sosial pribadi mengatakan bahwa mereka mengetahui bahwa akun mereka telah diretas dan 86 persen setuju bahwa mereka membatasi informasi pribadi yang mereka posting karena takut diakses oleh peretas."
Bahkan dengan kesadaran ini, sepertiga dari pengguna media sosial tidak menyadari akan diretas. Dan menyadari masalah tidak sama dengan memblokir mereka sepenuhnya. Jadi, sudah waktunya untuk menganggap ini serius. Mari amankan akun media sosial Anda untuk Tahun Baru.


Sebelum Anda Mulai: Unfriend Akun yang tidak dikenal/mencurigakan

Apa pun jejaring sosial yang Anda gunakan, perhatikan akun mana yang sedang digunakan dan mana yang telah ditinggalkan itu penting. Akun yang diabaikan atau ditinggalkan dapat dibajak oleh scammers jauh lebih mudah daripada akun yang secara teratur diakses.

Pikirkan seperti ini: jika Anda berhenti menggunakan akun sosial, informasi apa yang akan ditemukan seorang hacker? Detail teman, majikan, anggota keluarga ... dan tentu saja, data Anda sendiri. Informasi pribadi seperti ulang tahun Anda, tempat tinggal Anda, dan hal-hal yang Anda sukai. Foto Anda dan teman Anda.



Siapa pun yang berteman dengan Anda memiliki tingkat akses ke informasi yang sama. Mungkin mereka tidak memiliki opsi untuk melihat informasi terperinci tentang Anda, tetapi apa pun yang mereka ketahui tentang Anda secara offline dapat disebutkan. Anda akan muncul di foto mereka. Tautan mungkin dibagikan dengan Anda oleh mereka.

Secara keseluruhan, ini merupakan jalan bagi scammers untuk mendapatkan kail mereka dengan menyamar sebagai teman online. Anda tidak punya cara nyata untuk mengetahui apakah akun dikendalikan oleh teman atau tidak, kecuali Anda meneleponnya di telepon atau berbicara langsung.

Jadi, jika sebuah akun tiba-tiba hidup kembali, perlakukan dengan kecurigaan pada awalnya. Tetapi lebih baik untuk menghindari kemungkinan ini sama sekali, dan cukup menghapus akun yang diabaikan. Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Anda mungkin salah?

Baik. Hanya berteman ulang akun setelah Anda yakin!

Setelah Anda menyelesaikan masalah itu, saatnya untuk beralih ke keamanan akun sosial media. Kami telah menampilkan tiga layanan sosial media paling populer di bawah ini. Gunakan langkah-langkah di masing-masing untuk memastikan keamanan akun Anda.


Cara Mengamankan Akun Facebook 

Seberapa besar Facebook? Nah, pada kuartal ketiga 2017, Facebook melaporkan 2,07 miliar pengguna aktif bulanan yang tak tertandingi.

Selama bertahun-tahun, fitur privasi dan keamanan tambahan telah ditambahkan. Tetapi sebelum kita melihat bagaimana memperketat, ingat saja: Facebook mungkin gratis, tetapi mereka menghasilkan uang dari Anda. Mengingat seberapa banyak yang mereka ketahui tentang Anda, Anda mungkin kurang cenderung merangkul Facebook sepenuh hati di masa depan.

Masuk ke Facebook, buka menu, dan Anda akan menemukan dua item utama: Security and Login & Privacy. Dengan menggunakan ini (dan beberapa opsi lain) Anda akan dapat sepenuhnya mengendalikan privasi akun Facebook Anda. Panduan privasi Facebook lengkap kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang perlu Anda lakukan.


Sumber : Makeuseof

Untuk memulai, perluas tampilan Tempat Anda masuk di Security & Login. Ini tidak hanya akan menggambarkan seberapa banyak informasi yang dicatat oleh Facebook tentang Anda, tetapi informasi apa yang mungkin dikumpulkan oleh seseorang yang menggunakan akun Anda. Sebaiknya gunakan tombol Log out of all sessions untuk menghapus data ini.

Setelah Anda selesai melakukannya, itu ide yang sangat bagus untuk menyiapkan kunci keamanan fisik untuk mengontrol akses ke akun Facebook Anda. Ini memastikan perlindungan terhadap penipuan dan peretasan berbasis login.


Cara Mengamankan Akun Twitter

Dibandingkan dengan Facebook, Twitter itu kecil, dengan hanya 330 juta pengguna di periode yang sama. Tidak seperti Facebook, banyak akun Twitter yang diotomatisasi (lebih dikenal sebagai "bot") dan banyak orang memiliki kendali atas banyak akun. Dengan demikian, total sebenarnya bisa jauh lebih sedikit.



Namun, ini tidak berarti bahwa risiko diretas atau scammed kurang nyata. Anda perlu melakukan praktik pengamanan akun Twitter Anda dengan serius. Jangan hanya melakukannya secara robotik - pahami mengapa Anda perlu dan apa arti setiap langkah dari proses tersebut.

Bagian penting dari ini adalah mengontrol aplikasi yang Anda akses. Hanya perlu satu aplikasi yang buruk, atau satu pengembang yang cerdik, untuk dapat menumbangkan akses ke akun Twitter Anda. Selesaikan masalah ini dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Banyak layanan menggunakan login Twitter untuk menghemat waktu, dan ini juga harus dikelola dengan hati-hati.


Cara Mengamankan Akun Instagram

Pada April 2017, Instagram memiliki 700 juta pengguna yang mengesankan. Meskipun beberapa akun adalah bot spam, sebagian besar dikendalikan oleh orang-orang (atau dalam kasus akun Instagram selebriti, tim PR).

Namun berbagi foto bisa menjadi risiko. Ada informasi yang dapat diperoleh dari foto saja, seperti di mana Anda berada, di mana Anda pernah berkunjung, dengan siapa Anda. Semua hal yang Anda inginkan tidak diinginkan tidak dapat Anda ketahui. Orang-orang telah jatuh cinta pada penipuan Instagram di masa lalu dan kemungkinan mereka akan melakukannya di masa depan. Itu bahkan terjadi pada pengguna yang mengerti teknologi.


mengamankan instagram

Ingin menjaga keamanan akun Instagram Anda? Ini sangat sederhana.

Buka menu Opsi untuk menemukan opsi Ubah Kata Sandi, dan pilih kata sandi yang aman. Untuk privasi lebih lanjut, sementara itu, Anda dapat mengaktifkan Private Account. Sementara pengikut yang ada akan tetap ada, tidak ada orang baru yang dapat melihat foto Anda kecuali Anda memberikan persetujuan. Jika anak-anak Anda menggunakan Instagram, ini adalah pengaturan yang Anda harus minta agar mereka mengaktifkannya. Komentar juga dapat dinonaktifkan, dan filter otomatis dan manual diaktifkan untuk membatasi jenis bahasa yang digunakan oleh komentator.

Setelah aman, Anda akan merasa lebih nyaman membuat foto-foto Instagram Anda tak terlupakan!

Pernahkan Anda diretas di jejaring sosial? Apa yang terjadi, dan bagaimana Anda mendapatkan kembali kendali atas akun Anda? Beritahu kami di kolom komentar!

0 Response to "Cara Menjaga Keamanan Sistem Aplikasi Sosial Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel