Apa itu file APK dan bagaimana cara menginstalnya - Masrafli

Jumat, 28 Desember 2018

Apa itu file APK dan bagaimana cara menginstalnya

Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda mungkin akan pernah mendengar tentang file APK, dan mungkin bertanya-tanya apa itu. Memahami hal ini sangat penting jika Anda ingin mulai mengunduh aplikasi yang bocor atau menyesuaikan pengalaman Android Anda lebih jauh dari yang dimungkinkan hanya dengan menggunakan Play Store. Dalam panduan kami, Anda akan mempelajari apa itu file APK, cara mengunduhnya, dan akhirnya, cara menginstalnya.


Apa itu File APK?

Android Package Kit (disingkat APK) adalah format file paket yang digunakan oleh sistem operasi Android untuk distribusi dan pemasangan aplikasi seluler. Sama seperti sistem Windows (PC) menggunakan file .exe untuk menginstal perangkat lunak, APK melakukan hal yang sama untuk Android.

Ketika Anda mengunduh APK secara online, Anda pada dasarnya mendapatkan aplikasi. Sebagian besar pengguna mendapatkan aplikasi dari Google Play Store, tanpa pernah melihat kata APK. Tetapi ada saat-saat ketika Anda ingin melakukan sebaliknya.


Mengapa harus menginstal File APK?

File APK build Android baru sering bocor sebelumnya, memberi Anda akses awal ke semua fitur baru yang menarik yang jika tidak tidak tersedia untuk Anda. Selain itu, beberapa aplikasi dibatasi untuk wilayah di luar wilayah Anda.

Pembaruan aplikasi dapat memakan waktu cukup lama untuk tiba secara otomatis melalui udara. Mendapatkan APK terbaru untuk aplikasi favorit Anda akan membuat Anda senang tentunya. Atau Anda bahkan mungkin tidak menyukai aplikasi tertentu setelah pembaruan, dan ingin menginstal versi yang lebih lama.

Dan jika perangkat Android Anda tidak memiliki akses ke Google Play Store, file APK mungkin satu-satunya pilihan Anda untuk menginstal aplikasi pada perangkat Anda.

Namun berhati-hatilah, Anda tidak ingin mengunduh aplikasi yang dicuri. Beberapa layanan APK memungkinkan Anda mengunduh aplikasi bajakan. Ini ilegal dan harus dihindari. Lebih buruk lagi, file APK samar mungkin mengandung malware, karena banyak yang mengira mereka mendapatkan versi awal Fortnite untuk Android ditemukan dengan kecewa. Lakukan riset sebelum Anda mengunduh sehingga Anda tidak melakukan apa pun yang melanggar hukum atau mencemari perangkat Anda.


Cara menginstal APK di Android

Anda juga dapat menginstal file APK dari browser Anda di smartphone atau tablet Android Anda.

  • Cukup buka browser Anda, cari file APK yang ingin Anda unduh, dan ketuk - Anda kemudian dapat melihatnya mengunduh di bar bagian atas perangkat Anda.
  • Setelah diunduh, buka Unduh, ketuk file APK, dan ketuk Ya saat diminta.
  • Aplikasi akan mulai menginstal di perangkat Anda. Sederhana.

Cara menginstal File APK di komputer 

Ada banyak sumber file APK di seluruh web, tetapi pastikan untuk memilih situs yang Anda percayai. Beberapa file APK mungkin berisi perangkat lunak berbahaya (malware) yang dapat membahayakan keamanan ponsel Anda. Yang terbaik adalah berhati-hati sebelum mengunduh atau memasang aplikasi apa pun dari luar Play Store.


Secara umum, file APK yang ditemukan di APK Mirror harus lebih aman untuk diunduh daripada dari tempat lain, tetapi bacalah beberapa ulasan dan komentar pengguna sebelum mengunduh atau menginstal APK.

install file apk di komputer
Sumber : AndroidPit

  1. Pertama, Anda harus menemukan file APK yang Anda inginkan. Cari online untuk file APK dan unduh ke lokasi yang mudah ditemukan di komputer Anda (seperti desktop Anda).
  2. Sebelum Anda dapat menginstalnya di telepon, Anda harus memastikan bahwa aplikasi pihak ketiga diizinkan di perangkat Anda.
  3. Buka Menu> Pengaturan> Keamanan> dan centang Sumber Tidak Dikenal untuk memungkinkan ponsel Anda menginstal aplikasi dari sumber selain dari Google Play Store.
  4. Android 8 Oreo dan 9 Pie melakukan sesuatu yang sedikit berbeda. Daripada memeriksa pengaturan global untuk mengizinkan instalasi dari sumber yang tidak dikenal, Anda akan diminta untuk mengizinkan browser atau manajer file Anda menginstal APK saat pertama kali Anda mencoba melakukannya.

Sumber : AndroidPit
  1. Jika suka, Anda juga dapat mengunduh aplikasi pengelola file sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan file di perangkat Android Anda.
  2. Setelah Anda mengunduh file APK di komputer Anda, sambungkan perangkat Android Anda ke sana.
  3. Pada titik ini, Anda mungkin ditanya apakah Anda ingin mengisi daya ponsel atau menghubungkannya sebagai 'perangkat media'. Pilih perangkat Media.
  4. Kemudian, cari folder ponsel Anda di komputer Anda. Itu akan berada di 'My Computer' atau 'Computer' di Windows (PC).
  5. Salin file APK ke folder pilihan Anda di smartphone Android Anda.
  6. Anda sekarang dapat mencari lokasi file di folder File saya pada perangkat Anda.
  7. Temukan file APK, ketuk, lalu tekan Instal.

Dan sekarang sudah selesai, selamat, Anda memiliki aplikasi Anda. Buka saja dari smartphone Anda dan pastikan itu berfungsi dengan baik. Jika tidak, ulangi proses dengan file APK yang berbeda. Anda mungkin harus mencoba situs APK yang berbeda.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done