3 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Erorr

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Erorr - Saat anda mulai mengetik menggunakan keyboard namun hanya beberapa huruf saja yang muncul, bahkan lebih banyak erorr. Mengapa keyboard laptop erorr ?

Tanpa keyboard yang berfungsi, komputer Anda tidak berguna. Untuk laptop, ini adalah masalah besar karena Anda tidak bisa hanya menukar keyboard seperti yang Anda bisa dengan PC desktop.

4 Alasan Keyboard Laptop Berhenti Berfungsi/Erorr



Biasanya, ada empat alasan mengapa keyboard laptop berhenti bekerja. Setiap alasan memiliki perbaikannya sendiri.

  • Driver hardware buruk: ini dapat diinstal ulang atau diperbarui
  • Kotoran dan debu: membersihkan keyboard laptop Anda dapat membantu
  • Koneksi buruk: dalam beberapa kasus, laptop Anda dapat dibuka dan keyboard tersambung kembali
  • Produksi dari Pabrik yang Buruk: ada kemungkinan keyboard rusak, jadi penggantinya harus dari pabriknya langsung

Seperti yang mungkin Anda perhatikan, dua masalah ini mudah diselesaikan, sedangkan dua lainnya membutuhkan kerja lebih banyak. Untuk memperumit masalah lebih lanjut, tindakan perbaikan apa pun yang mengharuskan Anda membuka laptop Anda akan berbeda tergantung pada pabrikannya. Bahkan mungkin berbeda di antara model dari produsen yang sama.

Perbarui atau Kembalikan Laptop Keyboard Driver

Cara termudah untuk berurusan dengan keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah memperbarui driver.

Lakukan ini dengan mengklik Mulai dan masuk ke manajer perangkat. Ikon Device Manager akan muncul di hasil, jadi klik ini. Jelajahi daftar perangkat hingga Anda melihat Keyboard, kemudian rentangkan daftar. Klik kanan perangkat keyboard (biasanya Keyboard PS / 2 Standar) dan pilih Properties> Driver.

Sumber : Makeuseof
Di sini, klik Update Driver dan tunggu sementara Windows menemukan driver baru dan menginstalnya. Uji keyboard dengan pengolah kata, atau mungkin aplikasi Windows Notepad — dengan sedikit keberuntungan, sekarang seharusnya berfungsi.

Masih belum berfungsi?

Kali ini, pilih Uninstall Device dan tunggu hingga driver dihapus. Setelah selesai, Anda harus me-reboot Windows, dan menunggu saat driver diinstal ulang. Namun, Anda juga dapat menggunakan Action> Scan for hardware changes untuk meminta Windows menginstal driver.

Perhatikan bahwa ada juga opsi Rollback Driver. Ini akan berwarna abu-abu paling banyak, kecuali jika driver baru telah diinstal, mungkin sebagai bagian dari Pembaruan Windows. Jika opsi ini tersedia, dan keyboard Anda baru saja berhenti berfungsi, klik Rollback Driver dan tunggu driver baru.

Keyboard Laptop Tidak Bekerja? Bersihkan!

Membersihkan keyboard standar tidak mudah; membersihkan keyboard laptop bahkan lebih sulit. Keyboard memerlukan sejumlah interaksi fisik untuk menghilangkan kotoran, dan walaupun ini umumnya mudah dicapai dengan USB atau keyboard nirkabel, tetapi berbeda pada laptop.

Pada dasarnya, Anda tidak dapat dengan mudah mengguncang dan mengetuk bagian belakang laptop tanpa risiko kerusakan pada seluruh unit.

Namun, Anda dapat mengeluarkan debu dan serpihan dari keyboard laptop dengan terlebih dahulu mematikan perangkat, lalu memutarnya terbalik dan dengan lembut mengetuk dudukannya. Anda kemudian harus menggunakan jari Anda di semua tombol saat perangkat terbalik, untuk menghilangkan kotoran yang tersisa.

Jika keyboard Anda masih belum berfungsi setelah membersihkan dan memeriksa driver, saatnya untuk menanganinya sendiri.

Ganti Keyboard Laptop yang Rusak

Jika keyboard rusak secara fisik atau terputus dari motherboard (mungkin karena goncangan), maka Anda perlu menyisihkan waktu untuk menghapus komponen dari laptop Anda dan memasang kembali koneksi atau mengganti keyboard sama sekali.

Berbagai pabrikan membuat laptop mereka dengan berbagai cara, yang artinya sulit untuk menentukan satu perbaikan.

Namun, membuka laptop yang berbeda dari produsen yang sama umumnya sama. Ini membuat menukar keyboard (atau hanya mengulangi koneksi kabel) jauh lebih mudah.

Perhatikan bahwa keyboard laptop biasanya merupakan unit yang disegel, jadi meskipun keyboard mungkin dapat dibersihkan dengan lebih baik saat dilepas dari laptop, Anda tidak akan dapat dengan mudah memeriksa cara kerja internal.

Setelah keyboard dilepas, Anda akan dapat memeriksa nomor seri. Masukkan ini ke dalam kotak pencarian di Olshop favorit anda untuk melihat apakah tersedia untuk dibeli. Tetapi biasanya membeli keyboard pengganti untuk laptop mungkin lebih mahal.

Jadi bisakah Anda Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak?

Laptop tanpa keyboard yang berfungsi mungkin tampak sulit untuk dipakai, tetapi masih mungkin untuk diperbaiki. Ini mungkin melibatkan beberapa pemeliharaan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang sederhana, atau mungkin memerlukan perbaikan langsung dengan bagian dalam laptop Anda. 

Sementara itu, keyboard Bluetooth atau USB dapat digunakan sebagai pengganti jangka pendek, dan Anda juga dapat kembali menggunakan keyboard layar Windows 10.

0 Response to "3 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Erorr"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel