Android Q menerima sistem wide dark mode, Benarkah ? - Masrafli

Selasa, 08 Januari 2019

Android Q menerima sistem wide dark mode, Benarkah ?

Kabarnya Android akan meluncurkan seri baru yaitu Android Q, yang sebelumnya sudah meluncurkan Android Oreo. Fitur-fitur baru yang akan muncul di Android Q tentunya membuat kita penasaran, apa sajakah itu ?

Tema sistem wide-dark mode telah ditolak untuk pengguna Android sejauh ini. Sebagai gantinya, pengguna harus menggunakan peluncur dan berharap aplikasi juga mendukung mode hemat energi dan aman untuk mata. Tetapi untuk Android Q, sepertinya sistem wide dark mode akan dikeluarkan dengan berbagai antisipasi.

Siapa pun yang pernah menggunakan aplikasi atau peluncur yang memiliki mode gelap tidak akan pernah mau melakukannya tanpa itu lagi. Sayangnya, masih belum ada sistem-wide dan karena itu aplikasi-spanning kemungkinan untuk menggunakan latar belakang yang gelap dengan tulisan yang cerah. Jadi masih terjadi di Android saat ini bahwa orang-orang dengan senang hati bolak-balik antara tema gelap dan cerah. Bahkan Google tidak dapat memutuskan dan menawarkan mode yang sesuai untuk YouTube dan Google News, tetapi tidak untuk Foto Google dan Asisten.

Sumber : Google

Mode Gelap dimaksudkan untuk meningkatkan masa pakai baterai, terutama untuk ponsel cerdas dengan panel OLED. Semakin banyak smartphone dengan OLED muncul tahun lalu dan kekuatannya diperkirakan tidak akan berhenti tahun ini juga.


Konfirmasi tidak langsung pada bagian Google telah ditemukan oleh AndroidPolice di pelacak bug Chromium. Di sana manajer produk Lukasz Zbylut menyebutkan seperti ini :
Dark mode is an approved Q feature. The Q team wants to make it possible for all pre-installed apps to support dark mode from the beginning. In order to successfully integrate dark mode, it is necessary that all UI elements ideally have a dark background by May 2019.

Apa itu panggilan cepat?

Berkat Android Open Source Project (AOSP) dan editor di XDA Developers, fitur penerus Android P mungkin telah ditemukan. Dalam AOSP gerrit, setelah melihat lebih dekat pada kode, tampaknya ada petunjuk yang jelas bahwa Android Q akan membantu dalam panggilan cepat.

Fungsi ini mengoreksi nomor telepon yang dihubungi dengan menambahkan kode negara tertentu. Ini dikembangkan untuk mereka yang bepergian secara internasional dan tentu saja sangat berguna jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar negeri. Penting untuk dicatat bahwa Assisted Dialing bukan fitur khusus Android, dan telah digunakan oleh Google dalam perangkat Pixel 2-nya, yang baru-baru ini diterapkan dengan panggilan cepat ini ketika Google Phone v15 tiba.

Sumber : Androidpit
Untuk membuat fitur semacam ini dari perangkat Google tersedia untuk sebagian besar perangkat Android, kami harus menunggu mereka tiba di AOSP terlebih dahulu, dan proses ini bisa memakan waktu. Dari fakta ini, kita dapat menebak bahwa panggilan terpandu akan tersedia untuk semua perangkat setelah ditambahkan ke dalam Kerangka Android.

Setelah kode diperiksa lebih lanjut oleh orang-orang di XDA, jelas bahwa itu merujuk ke Android Q khusus. Target telah diubah ke Android Q, yang tampaknya bisa disebabkan oleh Google membutuhkan lebih banyak waktu dan karena itu harus menunda panggilan bantuan untuk rilis Q, daripada P.

Tentu saja, elemen ini bukan yang paling menarik yang bisa disorot, karena jauh lebih menarik daripada yang diperkenalkan dengan rilis Android Oreo, seperti gambar dalam mode gambar, ikon adaptif, dan saluran notifikasi. Namun demikian, ini akan menjadi yang bermanfaat bagi para pelancong yang rajin. Seperti biasa, kita tidak pernah dapat memastikan apakah versi final akan memiliki fitur ini.

Untuk saat ini, tampaknya kontraproduktif untuk memperhatikan versi ini ketika kami masih menunggu peluncuran Oreo ke banyak perangkat, dan kedatangan pratinjau pengembang untuk Android P. 


Apakah Anda tertarik untuk mengetahui tentang Android Q secepat ini? Beritahu kami pendapat anda di komentar !
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done