Cara Membuat Password pada Folder di Windows - Masrafli

Minggu, 06 Januari 2019

Cara Membuat Password pada Folder di Windows

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan seberapa banyak informasi penting yang Anda simpan di komputer saat ini. Informasi bank? Foto keluarga? Dokumen keuangan?

Agar file anda aman di PC, file/folder juga target utama untuk kejahatan. Kata sandi yang melindungi folder penting Anda adalah langkah keamanan dasar. Anggap itu sebagai virtual vault, yang mengenkripsi file apa pun atau folder tambahan yang Anda perlukan agar tetap aman.

Baca terus untuk mengetahui cara membuat password pada folder di windows agar tetap aman.


Metode 1: Kunci Folder Berbasis Teks

Meskipun Windows 10 tidak mengizinkan pengguna untuk melindungi folder dengan kata sandi secara default, Anda dapat menggunakan skrip batch untuk mengunci folder menggunakan kata sandi pilihan Anda. Jika Anda tidak terbiasa dengan skrip batch, inilah yang primer.

Mulailah dengan menavigasi ke folder yang ingin Anda kunci. Saya akan membuat folder baru untuk digunakan sebagai brankas virtual bernama Safe.


Klik dua kali folder tersebut. Anda akan membuat file batch Anda di dalam direktori yang akan menyimpan folder Anda yang terkunci. Buat dokumen teks kosong dalam folder Anda dengan mengklik kanan ruang kosong dan memilih New > Text Document.



Dalam dokumen ini, copy dan paste kode berikut : 

cls
@ECHO OFF
title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==your_password goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End

:End

Untuk mengubah password, ganti your_password bit pada baris if NOT “%pass%==your_password” goto FAIL dengan password yang Anda pilih.



Setelah Anda menambahkan kata sandi, buka File > Save As dalam program Notepad Anda. Beri nama apa pun yang Anda suka, Locker sebagai contoh, tetapi pastikan Anda menambahkan ekstensi .bat ke file Anda. Dalam contoh, saya akan memberi nama file saya Locker.bat (memastikan saya sudah menyertakan ekstensi).


Klik dua kali file BAT untuk membuat folder Locker Anda. Ini adalah folder yang akan dikunci dengan kata sandi Anda. Sekarang seharusnya sudah ada folder dan file bernama Locker.



Tempatkan semua dokumen penting Anda dalam folder Locker ini. Setelah Anda menempatkan file Anda, klik dua kali file Locker.bat Anda lagi. Command Prompt akan terbuka menanyakan apakah Anda ingin mengunci folder Anda. Masukan Y dan tekan Enter.'



Selesai! Folder Anda seharusnya hilang. Ini adalah produk sampingan alami dari file BAT Anda.


Untuk mengakses file Anda lagi, klik dua kali pada file Locker.bat Anda. Anda akan diminta memasukkan kata sandi yang Anda tambahkan saat membuat file.

Jika Anda memasukkan kata sandi dengan benar, folder Locker Anda akan muncul kembali.


Catatan: File BAT ini dapat diubah melalui PC Anda. Itu berarti orang lain yang terbiasa dengan trik ini mungkin dapat mengubah kata sandi Anda. Namun, sebagian besar, trik kecil yang bagus ini akan menambah buffer yang sangat dibutuhkan untuk dokumen lokal Anda yang paling penting!


Metode 2: Kunci Folder ZIP

Sementara trik di atas menggunakan program Notepad default, Anda juga dapat mengunci dan memadatkan dokumen penting Anda menggunakan program desktop populer bernama 7-Zip.

Biasanya digunakan untuk membuka zip folder dan mengekstrak file, 7-Zip juga memungkinkan pengguna untuk melindungi folder mereka dengan kata sandi. Untuk mengikuti metode ini, unduh 7-Zip terlebih dahulu.


Setelah 7-Zip diunduh dan diinstal, klik menu mulai dan ketik 7zip. Pilih opsi 7-Zip File Manager. Kemudian, cari file atau folder yang ingin Anda lindungi, klik di atasnya, dan klik opsi Tambah di bagian atas jendela.



Selanjutnya, masukkan kata sandi baru Anda di bagian Encryption. Setelah selesai, klik OK. Periksa lokasi folder Anda dan Anda akan menemukan file ZIP dengan nama yang sama dengan folder asli Anda.



Sekarang Anda memiliki file zip Anda, hapus folder asli Anda (karena menyimpannya akan mengalahkan tujuan kata sandi melindungi file ZIP baru Anda).

Merupakan ide bagus untuk membuat folder lain yang berisi file zip Anda, karena unzip mungkin menyebarkan file Anda dalam direktori. Dalam contoh di bawah ini, folder Sensitive Document akan menyimpan file Safe zip saya.


Klik kanan file zip Anda dan pilih 7-Zip > Extract Here. Anda akan diminta memasukkan kata sandi Anda.



Masukkan password dan file akan muncul pada direktori.



Itu dia! Meskipun metode ini tidak tepat waktu, karena Anda harus menjalani seluruh proses setiap kali Anda perlu menambah atau melihat file Anda, ini berfungsi dengan baik dan hanya menggunakan Software tepercaya ini.


Kunci Folder Windows Anda untuk Menjaga Data Anda Aman

Dengan metode sederhana di atas, Anda dapat memilih untuk mengimplementasikan salah satu atau keduanya. Apa pun yang Anda pilih, Anda dapat yakin bahwa dokumen penting Anda sebelumnya aman di bawah lapisan perlindungan tambahan yang tidak diaktifkan secara default pada PC Anda.


Terkadang, yang diperlukan hanyalah kunci kata sandi untuk mencegah pencurian. Itu berlaku untuk dunia maya seperti halnya dunia nyata. Dan terserah kepada Anda untuk melindungi PC Anda dengan alat keamanan terbaik untuk komputer Anda.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done