Dampak Revolusi Perancis - Masrafli

Minggu, 27 Januari 2019

Dampak Revolusi Perancis

Revolusi Perancis memiliki banyak dampak terhadap keberlangsungan pemerintahan Perancis sendiri maupun terhadap negara lain seperti Indonesia sekalipun belum memiliki bentuk negara. Adapaun dampak terjadinya revolusi Perancis antara lain sebagai berikut :

revolusi prancis

1. Berkembangnya Ide Supremasi Hukum
UUD merupakan kekuasaan yang tertinggi. Pada masa pemerintahan Raja Louis XVI dan pemerintahan sebelumnya, hukum yang berlaku di Prancis tidak diberlakukan sama pada setiap orang dan setiap daerah. Hal ini karena adanya hak-hak istimewa dan tradisi yang berbeda pada setiap daerah. Sejak masa pemerintahan Napoleon, hukum diselaraskan pada setiap orang dan setiap daerah. Untuk itu Napoleon menyusun kitab undang-undang yang dikenal dengan Code Civil yang kemudian disempurnakan menjadi Code Napoleon.

2. Penghapusan Feodalisme
Dihapuskannya feofalisme berpengaruh tidak ada lagi golongan masyarak dengan hak dan kewajiban yang berbeda

3. Berkembangnya Paham Demokrasi
Paham demokrasi muncul sebagai dampak dari pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia, terutama kebebasan dan persamaan hak antarmanusia.

4. Munculnya Ide Pemerintahan Republik
Pemerintahan kerajaan dianggap kurang tepat karena pergantian kekuasaan secara turun menurun tidak menjamin kualitas seorang kepala negara. Oleh karena itu, perlu dibentuk pemerintahan republik dengan kepala negara dipilih langsung oleh rakyatnya.

5. Tersebarnya Paham Liberalisme
Saat Napoleon berkausa ,ia menjadi penyyebar terbesar paham ini. Dengan tentara yang kuat, ia berhasil menaklukan hampir seluruh Eropa dan wilayah lain diluar Eropa. Di setiap wilayah yang didudukinya, Napoleon senantiasa mendirikan pemerintahan-pemerintahan yang liberal. Sesudah Napoleon jatuh, ide liberalisme itu tetap hidup di negara-negara tersebut, walaupun raja-raja Eropa melalui Kongres Wina tahun 1815 berusaha menghilangkanya.

6. Meluasnya Paham Nasionalisme
Liberte, Egalite, Fraternite adalah semboyan Revolusi Prancis yang artinya adalah Kebebasan, Persamaan, dan Persaudaraan.Semboyan ini menggambarkan semangat nasionalisme rakyat Prancis untuk bersatu. Semua nasionalisme telah mengilhami bangsa-bangsa terjajah di berbagai wilayah dunia untuk memperjuangkan kemerdekaanya.

7. Timbulnya Ide tentang Aksi Revolusioner

Keberhasilan Revolusi Prancis dalam menumbangkan kekuasaan raja yang sewenang-wenang telah meyakinkan rakyat bahwa apabila terjadi ketidakadilan rakyat sewaktu-waktu dapat beraksi secara revolusioner.

Revolusi Perancis juga berdampak terhadap berbagai bidang, sebagai berikut : 

Bidang Politik
Dampa utama yang ditimbulkan revolusi perancis terhadap sistem politik jelas berupa kekuasaan absolut yang sangat dicam oleh rakyat. Lebih dari itu, paham liberal yang muncul dengan adanya revolusi Perancis sangat pesat menyebar hingga ke penjuru dunia seperti Spanyol, Jerman, Rusia, Austria, dan Italia. Dengan adanya revolusi Perancis tumbuh pula paham demokrasi, parlementer, republik, dan lain sebagainya yang tentunya juga mulai tumbuh di negara lain.

Bidang Sosial
Dalam perjuangan revolusi Perancis jelas dapat kita ketahui bahwa stratifikasi sosial di negara tersebut dihapuskan, memberikan hak dan kewajiban yang sama terhadap seluruh rakyat serta memberikan kebebasan dalam menentukan agama, pendidikan, dan pekerjaan.

Bidang Ekonomi
Dihapusnya sistem gilde, yakni sistem dalam peraturan perdagangan. Dengan dihapusnya sistem ini maka perdagangan dan industri dapat berkembang dengan cukup baik di Perancis pasca revolusi Perancis.


Disisi lain kehidupan petani juga memiliki peningkatan, hal ini tidak lain karena dihapusnya pajak feodal dan selain sebagai penggarap tanah, petani juga diberikan hak untuk memiliki tanah. Dengan demikian pendapatan dan taraf hidup petani perlahan semakin meningkat.

Referensi :
https://www.ilmudaninfo.com/2017/10/dampak-revolusi-prancis-bagi-dunia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Perancis#Dampak_terjadinya_revolusi_Perancis
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done