Jenis-Jenis dan Contoh Komunitas

Jenis-Jenis dan Contoh Komunitas - Komunitas dapat ditemukan dalam masyarakat tradisional dan masyarakat modern. Contoh komunitas dalam masyarakat tradisional yaitu kelompok masyarakat Badui. Suku Badui merupakan salah satu masyarakat adat yang masih bertahan di tengah pengaruh globalisasi. Tingkat kesetiaan mereka terhadap kelompok adat istiadat sangat kuat sehingga menjadikan mereka komunitas masyarakat adat.

Komunitas dalam masyarakat modern memiliki kelembagaan sosial yang lebih kompleks dibandingkan komunitas masyarakat tradisional. Kelembagaan sosial yang kompleks dalam komunitas masyarakat modern didorong oleh perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.



Perkembangan teknologi yang pesat dalam masyarakat modern mendorong komunitas lebih berinteraksi. Contoh masyarakat modern, yaitu komunitas berdasarkan kesamaan minat, profesi, atau hobi. Sebagai contoh, komunitas pecinta reptil, komunitas ferarri, dan komunitas baca. 

Selain itu terdapat komunitas yang tercipta akibat kesamaan kondisi yang dialami oleh anggotanya. Sebagai contoh, komunitas anak jalanan, komunitas tunawisma, dan komunitas pemulung. Biasanya mereka tidak menyatakan diri sebagai komunitas, melainkan masyarakat luar yang menyelamatkan predikat tersebut. Jenis komunitas seperti itu membutuhkan program pemberdayaan.

itu tadi artikel mengenai Jenis-Jenis dan Contoh Komunitas semoga bermanfaat dan bila ada yang ditanyakan bisa dicantumkan di kolom komentar. Terima Kasih.

2 Responses to "Jenis-Jenis dan Contoh Komunitas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel