Makna, Hikmah dan Contoh Perilaku Syajaah

Makna, Hikmah dan Contoh Perilaku Syajaah - Syajaah berarti berani antonimnya adalah Al-jubn yang berarti pengecut. Kata ini digunakan untuk menggambarkan kesabaran di medan perang. Sisi positif dari sikap berani yaitu mendorong seorang muslim untuk melakukan pekerjaan berat dan mengandung resiko dalam rangka membela kehormatannya. Tetapi skiap ini bila tidak digunakan sebagaimana mestinya, dapat menjerumuskan seorang muslim kepada kehinaan.

Sedangkan Syajaah dalam kamus bahasa Arab artinya keberanian atau keperwiraan, yaitu seorang yang dapat bersabar terhadap sesuatu jika dalam jiawanya ada keberanian menerima musibah atau keberanian dalam mengerjakan sesuatu. Pada diri seorang pengecut sukar didapatkan sikap sabar dan berani. Selain itu Syajaah (berani) bukanlah semata-mata berani berkelahi di lapangan, melainkan suatu sikap mental seseorang, dapat menguasai jiwanya dan berbuat menurut semestinya.


syajaah


Hikmah Syajaah

Dalam menerapkan sikap berani, seseorang dapat mendapatkan sebuah keuntungan dalam kehidupan. Bahkan dengan kita bersikap syajaah maka kita dapat mengambil hikmah dari semua itu, berikut ini hikmah syajaah (berani).



  1. Timbulnya sikap untuk maju, keberanian merupakan sebuah sikap yang perlu diterapkan dalam keadaan tertentu, hal ini dapat dicontohkan ketika Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya berperang melawan kaum quraisy. Mereka berani melawan musuh walaupun jumlah musuh lebih banyak dari kaum muslimin. Mereka berpikir bahwa pertolongan Allah selalu menyertai mereka shingga mereka tidak ragu untuk berperang. Keberanian mereka dapat ditarik hikmahnya bahwa keberanian dapat menimbulkan sikap maju.
  2. Mendorong sikap kreatif dan produktif, melakukan kegiatan kreativitas membutuhkan sebuah keberanian untuk melakukan sehingga ide kreatif tersebut dapat berbuah hasil yang baik. Dengan sikap berani dalam melangkah untuk berkreasi akan menghasilkan yang baik pula. Setalah kreativitas telah terbangun dengan baik, mereka akan melakukan produksi dengan melakukan keberanian dalam menentukan prosedur pembuatan atau produksi.
  3. Dengan menerapkan sikap syaja'ah atau berani maka dalam hidupnya akan timbul ketentraman. Suatu kedamaian tidak dapat datang secara sendirinya. Kita harus berani dalam mengambil keputusan dengan percaya bahwa ini merupakan jalan yang baik. Berani dalam mengambil keputusan dengan baik maka hasil tidak akan mengingkari usaha tersebut.
  4. Syaja'ah menghilangkan perasaan merasa sulit dan menghilangkan rasa tidak mampu. Sikap merasa silit sebenarnya berasal dari rasa cemas dan takut.Jika timbul keberanian,akan hilang rasa sulit. Seseorang yang takut menghadapi suatu urusan,dia akan merasakan bahwa apa yang dihadapinya itu merupakan sesuatu yang sulit. Akan tetapi seseorang yang memiliki sikap syaja'ah/berani tentu akan merasa mudah dalam menghadapi sesuatu.

Contoh Perilaku Syajaah

  1. Senantiasa bersikap sesuai dengan ajaran agama walaupun banyak tetangga yang tidak suka
  2. Berani mengkritik pemimpin yang bersikap dzalim
  3. Senantiasa berkata, bertindak, dan berpikir jujur walaupun dikecam oleh orang-orang yang dzalim
  4. Menasihati dan memberikan contoh kepada teman-teman yang senang mencuri untuk menjadi pribadi yang bertabiat terpuji
  5. Membela teman yang dibully walaupun harus terkena bullyan juga.

Referensi : 
https://www.bacaanmadani.com/2017/10/pengertian-syajaah-keberanian-pembagian.html
https://www.ilmudaninfo.com/2017/08/hikmah-syajaah.html
https://bangaltri.blogspot.com/2017/09/hikmah-dan-manfaat-syajaah.html

0 Response to "Makna, Hikmah dan Contoh Perilaku Syajaah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel