Siklus Pemberdayaan Komunitas - Masrafli

Jumat, 18 Januari 2019

Siklus Pemberdayaan Komunitas

Siklus pemberdayaan komunitas penting dalam pemberdayaan komunitas. Pemberdayaan komunitas merupakan suatu kegiatan yang berkesinambungan dan diharapkan terjadi peningkatan kualitas dari satu tahapan ke tahapan sesudahnya.

Berikut ini 7 tahapan siklus pemberdayaan komunitas menurut Terry Wilson.


sumber : google
Siklus Pemberdayaan Komunitas

1. Tahap pertama, keinginan dari masyarakat sendiri untuk berubah menjadi lebih baik.

2. Tahap kedua, masyarakat diharapkan mampu melepaskan halangan-halanhan atau faktor-faktor yang bersifat resistensi terhadap kemajuan dalam diri dan komunitasnya.

3. Tahap ketiga, masyarakat diharapkan sudah menerima kebebasan tambahan serta merasa memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan dirinya dan komunitasnya.

4. Tahap keempat, upaya untuk mengembangkan peran dan batas tanggung jawab yang lebih luas, hal ini juga terkait dengan minat dan motivasi untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

5. Tahap kelima, peningkatan rasa memiliki yang lebih besar menghasilkan keluaran kinerja yang lebih baik. Pada tahap ini hasil-hasil nyata dari pemberdayan sudah mulai terlihat.

6. Tahap keenam, telah terjadi perubahan perilaku dan kesan terhadap dirinya ketika keberhasilan dalam peningkatan kinerja mampu meningkatkan perasaan psikologis di atas posisi sebelumnya.

7. Tahap ketujuh, masyarakat yang telah berhasil dalam memberdayakan dirinya merasa tertantang untuk upaya yang lebih besar guna mendapatkan hasil yang lebih baik.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done