Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 7 - Masrafli

Senin, 04 Februari 2019

Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 7

Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 7 - Bluetooth merupakan alternatif yang paling nyaman tanpa kabel. Bahkan dengan bluetooth, anda dapat menghubungkan ponsel, mouse, keyboard, speakfer, headset, printer, dan perangkat lainnya yang didukung komputer anda dan juga mendukung untuk bluetooth.

Sebenarnya, Bluetooth cukup mudah digunakan, tetapi pasti sedikit membingungkan untuk pengguna baru atau yang tidak biasa dengan hal-hal berbau komputer teknologi. Untuk menghubungkan kedua perangkat bluetooth, satu atau keduanya harus "discoverable". Dan proses koneksi awal Bluetooth dikenal sebagai "Pairing".

Apakah terdengar membingunkan ? Mari simak penjelasan untuk mengaktifkan Bluetooth di Windows 7.



Aktifkan Bluetooth di Komputer dan Perangkat

Pertama, pastikan Bluetooth diaktifkan pada komputer anda. Banyak laptop yang dilengkapi dengan Bluetooth, tetapi terkadang dinonaktifkan untuk menghemat baterai. Terkadang, anda bisa menemukan tombol di keyboard laptop anda untuk mengaktifkan Bluetooth. Dan juga terkadang ada icon Bluetooth di System Tray yang terletak di kanan bawah layar laptop.

Tetapi, jika laptop anda tidak memiliki dukungan Bluetooth, solusinya adalah membeli adaptor Bluetooth yang murah. Biasanya menggunakan dongle USB.

Selanjutnya, pastikan Bluetooth aktif pada perangkat yang ingin anda sambungkan dengan laptop. 

Di Android, cek pengaturan dan pastikan Bluetooth sudah aktif. Pengguna iOS harus membuka Control Center lalu ketuk ikon Bluetooth untuk mengaktifkannya, jika belum.

Tips Membuat PC dan Perangkat Discoverable

Saat Bluetooth diaktifkan pada PC dan perangkat dan masih tidak ditemukan keduanya. Agar perangkat Bluetooth dapat menemukannya, atur perangkat agar dapat ditemukan. Ini biasanya dinonaktifkan secara default untuk tujuan keamanan, dan hanya perlu diaktifkan saat ingin menggunakannya.

Cukup membuat salah satu perangkat ditemukan. Untuk membuat PC Windows 7 dapat ditemukan, klik tombol Start dan pilih Devices and Printers di sebelah kanan menu Start. Kemudian klik kanan nama komputer anda (atau nama adaptor Bluetooth) dalam daftar perangkat dan pilih pengaturan Bluetooth.


Centang kotak Allow Bluetooth devices to find the computer lalu klik OK. Komputer anda sekarang dapat ditemukan ke perangkat lain.


Untuk membuat ponsel dapat ditemukan, buka opsi Bluetooth. Jika menggunakan Android, cari Settings > Connected devices. Di iOS, buka Settings > Bluetooth. Keduanya akan menampilkan pesan seperti Now discoverable as [Name] dan perangkat siap dipasangkan.

Pasangkan Perangkat

Sekarang sudah bisa dihubuungkan keduanya. Windows akan mencari perangkat Bluetooth yang dapat ditemukan dan terlihat dalam daftar. Pilih satu dan klik Next untuk menambahkannya.


Jika masih tidak bisa ditemukan, pastikan sudah aktifkan Bluetooth atau biasanya diperlukan input tombol tertentu seperti di keyboard untuk mengaktifkan Bluetooth.


Biasanya kita dapat melihat kode sandi dan memastikan memberi sandi yang sama antara PC dan perangkat yang dihubungkan. Mengkonfirmasi kode di PC dan ponsel mencegah orang lain untuk menganggu aktivitas Bluetooth anda.

Setelah anda mengonfirmasi, Windows dapat menginstall driver sesuai kebutuhan. Maka sudah siap untuk digunakan.


Demikianlah artikel mengenai Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Windows 7. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done