Ciri-Ciri dan Syarat Kelompok Sosial - Masrafli

Selasa, 19 Februari 2019

Ciri-Ciri dan Syarat Kelompok Sosial

Soerjono Soekanto menyatakan kelompok sosial sebagai kesatuan manusia yang hidup bersama, beruhungan secara timbal balik dan saling memengaruhi.


Setelah anda paham mengenai arti kelompok sosial, selanjutnya harus dipahami juga tentang ciri-ciri dan syarat kelompok sosial. Mari simak pembahasan berikut ini.

Ciri- Ciri Kelompok Sosial : 

1. Merupakan kesatuan yang nyata dan dapat dibedakan dari kesatuan manusia lainnya
2. Setiap anggota kelompok sosialnya saling berinteraksi dan berkomunkasi sesuai dengan sistem nilai dan norma sosial yang telah disepekati bersama.
3. Memiliki struktur sosial dan pembagian tugas antaranggotanya, di mana individu-individu yang menjadi anggotanya melaksanakan status dan peranan sosialnya.
4. Adanya interaksi dan komunkasi di antara para anggotanya.
5. Memiliki kepentingan bersama dan norma-norma yang tegas sebagai pedoman bertingkah laku.

Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, maka dalam pembentukan kelompok sosial harus memenuhi syarat-syarat berikut.

1. Setiap anggota kelompok harus memiliki kesadaran bahwa dirinya merupakan anggota atau bagian dari kelompok sosialnya.
2. Setiap anggota kelompok atau antara anggota yang satu dengan yang lainnya harus memiliki hubungan timbal balik di antara mereka
3. Setiap kelompok harus memiliki suatu faktor yang dimiliki bersama agar hubungan di antara anggotanya bertambah erat dan kuat
4. Suatu kelompok sosial perlu memiliki struktur, kaidah, dan pola perilaku yang khas sehingga berbeda dengan kelompok sosial lainnya.
5. Kelompok sosial itu perlu memiliki suatu sistem dan mampu berproses secara terus-menerus.

Demikian artikel mengenai Ciri-Ciri dan Syarat Kelompok Sosial. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Berbagi! Referensi dari buku Soiologi SMA Kelas XI
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done