Definisi dan Klasifikasi Ilmu Ekonomi

Definisi dan Klasifikasi Ilmu Ekonomi - Artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian/definisi ilmu ekonomi menurut Xenophon dan secara umum. Tidak lupa, kita akan membahas mengenai klasifikasi ilmu ekonomi. Mulai dari mikroekonomi, makroekonomi, ekonomi deskriptif, ekonomi terapan, ekonomi positif, dan ekonomi normatif.


Menurut Xenophon, Ekonomi terdiri dari Okios dan Nomos. Oikos yang artinya rumah tangga dan Nomos artinya mengurus atau mengatur.

Secara umum, definisi ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan secara optimal dalam usaha mencapai kemakmuran.

Klasifikasi Ilmu Ekonomi

Mikroekonomi
Mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan. Contoh : Penetapan harga, kepuasan konsumen, elastisitas, optimalisasi produksi.

Makroekonomi
Studi perekonomian secara agregat, keseluruhan, dan global. Contoh : pencegahan inflasi, pertumbuhan ekonomi, neraca pembayaran, ekspor-impor, kurs, perbankan.

Ekonomi Deskriptif
Pembahasan tentang suatu persoalan ekonomi atau topik tertentu saja. Contoh : Ekonomi Indonesia pada akhir tahun 90. 

Ekonomi Terapan
Kerangka pengertian dari analisis ekonomi dirumuskan menjadi kebijakan, pedoman atau standar untuk mengatasi masalah ekonomi tertentu. Contoh : Kebijakan harga maksimum diterapkan ketika harga-harga barang melambung tinggi.

Ekonomi Positif
Membahas fakta dan hubungan antara peristiwa ekonomi. Contoh : Jika produksi semen turun maka harga semen akan naik

Ekonomi Normatif
Membahas saran, pertimbangan dan etika. Biasany ada kata-kata : seharusnya, sebaiknya, dll. Contoh : meningkatkan kesejahteraan masyarakat harus dilakukan dengan pemerataan pendapatan.

Demikian artikel mengenai Definisi dan Klasifikasi Ilmu Ekonomi. Semoga bermanfaat untuk pembaca masrafli.com dan Salam Literasi!

0 Response to "Definisi dan Klasifikasi Ilmu Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel