Faktor Pendorong Dinamika Sosial dari Luar dan Dalam - Masrafli

Senin, 18 Februari 2019

Faktor Pendorong Dinamika Sosial dari Luar dan Dalam

Faktor Pendorong Dinamika Sosial dari Luar dan Dalam - Dinamika kelompok sosial dapat menimbulkan konflik apabila terjadi kestabilan dalam kelompok sosial tersebut, terutama dalam masyarakat yang multikultural. Konflik ini dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan dalam kelompok sosial. 

Soerjono soekanto berpendapat bahwa dinamika kelompok sosial adalah perubahan dan perkembangan suatu kelompok yang juga menyangkut gerak atau perilaku kolektif serta kemungkinan terjadinya antagonisme antarkelompok.



Berikut ini beberapa faktor pendorong dinamika sosial, dari luar dan dalam (extern & intern)


Faktor Pendorong dari Luar Kelompok (Extern)

Faktor pendorong dari luar kelompok merupakan pengaruh luar yang menyebabkan berkembangnya suatu kelompok sosial, di antaranya sebagai berikut.

1. Perubahan Situasi Sosial
Adanya perubahan situasi sosial, seperti pemekaran sebuah wilayah, masuknya industralisasi ke daerah-daerah pedesaan, dan adanya penemuan-penemuan baru dapat mendorong perkembangan suat kelompok sosial. 

Misalnya, dalam masyarakat desa yang tergolong ke dalam klasifikasi kelompok paguyuban setelah mengalami proses industralisasi, maka pola hubungan dan nilai-nilai yang dianut masyarakat desa tersebut dapat bergeser menjadi penganut nilai-nilai dan pola hubungan kelompok patembayan, di antaranya nilai gotong royong berubah menjadi nilai individualis.

2. Perubahan Situasi Ekonomi
Perubahan situasi ekonomi dapat menyebabkan suatu kelompok sosial berkembang. 

Misalnya, dalam masyarakat perkotaan yang memiliki tingkat perkembangan ekonomi yang lebih tinggi dibanding masyarakat pedesaat, maka hubungan sosial dalam kelompok kekerabatan akan bergeser menjadi hubungan sosial berdasarkan kepentingan sehingga kelompok kekerabatan yang termasuk dalam klasifikasi kelompok primer berubah menjadi kelompok-kelompok.

3. Perubahan Situasi Politik
Perubahan situasi politik seperti pergantian elite kekuasaan atau perubahan kebijaksanaan yang dilakukan elite kekuasaan dapat menyebabkan perkembangan kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.

Faktor Pendorong dari Dalam Kelompok (Intern)

Faktor ini merupakan kondisi dalam kelompok yang menyebabkan perkembangan suatu kelompok sosial, di antaranya sebagai berikut.

1. Adanya Konflik Antaranggota kelompok
Konflik yang terjadi di dalam kelompok dapat menyebabkan keretakan dan berubahnya pola hubungan sosial, misalnya seseorang yang merasa termasuk ke dalam in group suatu kelompok sosial, karena terdapat konflik, maka menjadi out group dari kelompok tersebut. Akibat konflik yang terjadi di dalam kelompok juga dapat menyebabkan terpecahnya sebuah kelompok sosial.

2. Adanya Perbedaan Kepentingan
Ketika dalam suatu kelompok sosial terdapat perbedaan kepentingan, maka langsungan kelompok sosial tersebut dapat terpecah. Anggota kelompok yang merasa tidak sepaham akan memisahkan diri dan bergabung dengan kelompok lain yang sepaham dengannya. Misalnya, munculnya kelompok volunter di tengah-tengah masyarakat.

3. Adanya Perbedaan Paham
Perbedaan paham di antara anggota kelompok sosial dapat memengaruhi kelompok sosial secara keseluruhan. Hal ini dapat berpengaruh terhadap keberadaan suatu kelompok sosial.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done