Google+ Resmi Ditutup 2 April 2019, Backup Data Sekarang! - Masrafli

Sabtu, 02 Februari 2019

Google+ Resmi Ditutup 2 April 2019, Backup Data Sekarang!

Mungkin kita sudah tahu bahwa Google+ akan ditutup, tetapi sekarang kita benar-benar tahu kapan Google+ akan ditutup. Pada Oktober 2018, Google mengumumkan bahwa Google+ telah mengalami kebocoran data. Dan sekarang imbasnya, Google mengumumkan bahwa versi konsumen Google+ akan dimatikan. Dan juga kita tahu, kapan tanggal resmi akun Google+ akan hilang.

Google+ ditutup april 2019
Sumber: Google

Cara Download dan Simpan Data Google+

Menurut Halaman Dukungan Google, Google+ akan dimatikan pada 2 April 2019. Saat itulah "akun Google+ dan setiap halaman Google+ yang Anda buat akan dimatikan dan mulai dihapus dari akun Google+ konsumen".

Namun sebelum itu, pada 4 Februari 2019, Anda "tidak bisa membuat profil, laman, komunitas, atau acara Google+ baru." Ini juga merupakan tanggal ketika tombol Masuk Google+ di situs atau aplikasi akan mulai digantikan oleh tombol Masuk Google.

Tetapi tentu saja kita dapat mengunduh dan menyimpan konten Google+, ini bisa dilakukan sebelum April 2019. Untungnya, kita bisa mengunduh semua data Google+ dengan mengikuti intruksi dari Google ini. Atau anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut : 

1. Kunjungi laman Google Takeout di tautan ini
2. Pilih data Google+ yang ingin diunduh. Jika ingin unduh semua, maka pilih NEXT. Apabila ingin unduh spesifik (foto dan video saja), maka proses berlanjut ke nomor 3
3. Jika ingin unduh foto dan video saja, opsinya terletak di menu Google+ Stream
4. Di menu Google+ Stream, geser ikon ke kanan hingga berwarna biru, jika sudah, klik ikon panah ke bawah
5. Kemudian akan muncul dua opsi, yakni Include All Google+ Stream dan Select Specific Data
6. Pilih opsi Select Specific Data, lalu muncul daftar data yang dapat diunduh, centang Photos dan Videos lalu klik OK
7. Masih di laman yang sama, klik NEXT
8. Di laman selanjutnya, pilih format data (.zip atau .tgz), batas data maksimal yang akan diunduh (1-50GB), dan proses unduhan (tautan unduhan dikirim via email, unduhan disimpan otomatis ke layanan cloud macam Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan lainnya)
9. Bila sudah memutuskan, maka klik CREATE ARCHIVE
10. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, nantinya tautan unduhan akan dihantarkan sesuai opsi terpilih
11. Untuk mengatur data yang telah diunduh, klik MANAGE ARCHIVES

Perlu dicatat bahwa semua ini hanya berlaku untuk pengguna pribadi, karena versi Google+ akan tetap ada. Bahkan, Google berencana akan meluncurkan "tampilan baru dan fitur baru" untuk pelanggan G Suite dalam beberapa bulan mendatang.

Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Google Buzz. Rendahnya tingkat penggunaan menjadi salah satu alasan Google menutup media sosial ini. 

"Pada Desember 2018, kami telah mengumumkan keputusan untuk menutup Google+ konsumen karena tingkat penggunaannya yang rendah," tulis Google.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done