Karakteristik dan Ciri-Ciri Sosiologi

Karakteristik dan Ciri-Ciri Sosiologi - Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur, proses sosial, dan perubahan sosial. Lalu Apa Karakteristik Sosiologi ? dan Bagaimana Ciri-Ciri Sosiologi ?

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai Karakteristik dan Ciri-Ciri Sosiologi. Mari disimak penjelasan berikut.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Sosiologi

Sosiologi sebagai ilmu telah memenuhi semua unsur ilmu pengetahuan. Sebenarnya karakteristik dan ciri-ciri sosiologi itu sama pada dasarnya. Oleh karena itu, disini akan dibahas satu persatu mengenai 4 Karakteristik dan Ciri Sosiologi yang paling penting.

Menurut Harry M. Johnson, yang dikutip oleh Soerjono Soekanto, sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri, sebagai berikut. 

1. Sosiologi bersifat empiris. 
Artinya, sosiologi mempelajari masyarakat berdasarkan fakta yang ada, hasil observasi, tidak spekulatif, dan menggunakan akal sehat.
2. Sosiologi bersifat teoritis. 
Artinya, sosiologi berusaha menyusun penjelasan atau abstraksi dari hasil observasi dan fakta yang ada. Definisi abstraksi adalah kerangka pikiran atau pemahaman yang didapat melalui proses observasi yang disusun secara logis untuk menerangkan atau menjelaskan suatu hubungan kausalitas (sebab-akibat).
3. Sosiologi bersifat kumulatif. 
Artinya teori-teori yang ada merupakan bentuk pembaruan atau revilatisasi teori-teori sebelumnya untuk memperbaiki, menyempurnakan dan memperluas kajian teori-teori lama.
4. Sosiologi bersifat nonetis. 
Artinya kajian sosiologi bukan ditujukan untuk melihat dan menilai baik buruknya suatu fenomena, namun menganalisa fenomena tersebut secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sedangkan karakteristik akan dijelaskan secara singkat padat dan jelas saja. Agar lebih mudah dimengerti. Berikut ini karakteristik ilmu sosiologi:

1. Non Etis 
Tidak mempersoalkan baik buruknya sebuah fakta, namun menjelaskan fakta tersebut
2. Empiris
Didasarkan pada observasi dari akal sehat dan hasilnya bersifat tidak spekulatif
3. Kumulatif
Teori dalam soiologi dibentuk atas dasar teori yang ada, memperbaiki dan memperluas teori tersebut
4. Teoritis
Selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi.

Demikian artikel mengenai Karakteristik dan Ciri-Ciri Sosiologi, semoga bermanfaat untuk para pembaca. Jangan lupa bagikan jika berkenan dan Terimakasih.

0 Response to "Karakteristik dan Ciri-Ciri Sosiologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel