Kelompok Sosial In Group dan Out Group

Dalam ilmu sosiologi dikenal tipe kelompok sosial in group dan out group. Tipe kelompok sosial ini dikemukakan oleh W.G. Sumner. 

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan membahas mengenai Kelompok Sosilal In Group dan Out Group, berikut penjelasannya.

Kelompok Sosial In Group dan Out Group

1. In Group
In-Group adalah kelompok sosial yang ditandai oleh ikatan perasaan antaranggota dan setiap anggota mengidentifikasi dirinya dalam kelompok tersebut. Ikatan perasaan yang kuat terhadap kelompok akan melahirkan perilaku tertentu seperti simpati, kerja sama, solidaritas, rela berkorban, dan konformitas.

Pada kelompok sosial In-Group, para anggota akan membentuk identitas bersama menjadi "kami" atau "milik kami". Contohnya, kelompok almamater sekolah dan geng.

2. Out Group 
Kebalikan dari In-Group, Out-Group adalah kelompok di luar grup sendiri, yaitu "kelompok mereka". Perasaan out-group selalu ditandai dengan perasaan antipati, kebencian, prasangka buruk, dan antagonisme sehingga memunculkan perilaku paranoid, agresif, dan etnosentrisme. Contohnya adalah tawuran antar pelajar atau perang antar geng.

Dengan begitu pun sudah cukup terlihat jelas bahwa ciri dari in group adalah sikap kepedulian dan perasaan terikat satu dengan lain yang dipenuhi kedamaian, sedangkan ciri out group akan diidentikkan dengan perasaan ketidakpedulian atau bahkan antipati terhadap mereka. Sikap ini bisa muncul di kehidupan sehari-hari masyarakat dalam berbagai bidang di dalamnya.

Demikian artikel mengenai Kelompok Sosial In Group dan Out Group. Jika berkenan bisa dibagikan dan semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih!

0 Response to "Kelompok Sosial In Group dan Out Group"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel