Kelompok Sosial Primer dan Sekunder

Tipe kelompok sosial kali ini yang akan dibahas yaitu Kelompok primer (primary group) dan kelompok sekunder (secondary group). Tipe kelompok sosial ini menurut pendapat Charles H. Cooley. 

Charles H. Cooley mengemukakan perbedaan antara kelompok primer dengan kelompok sekunder yang ditulis dalam Social Organizaton pada 1909. Oleh karena itu, mari simak pembahasan secara ringkas di bawah ini.

Kelompok Sosial Primer dan Sekunder

1. Kelompok Primer (primary group)
Kelompok primer merupakan kelompok sosial yang memiliki ciri saling mengenal antaranggota secara pribadi, bersifat informal, akrab, dan terjalin kerja sama antaranggota secara erat dan pribadi. Akhirnya terjadi peleburan individu ke dalam kelompok yang ditandai peleburan tujuan individu menjadi tujuan kelompok.

Contohnya, teman sepermainan, keluarga, dan klan. Dengan demikian, hubungan sosial cenderung bersifat santai.Para anggota kelompok saling tertarik satu sama lainnya sebagai suatu pribadi.Mereka menyatakan harapan-harapan,dan kecemasan-kecemasan,berbagai pengalaman,mempergunjingkan gosip,dan saling memenuhi kebutuhan akan keakraban sebuah persahabatan.

2. Kelompok Sekunder (secondary group)
Kelompok sekunder adalah kelompok sosial yang besar, memiliki banyak anggota, dan tidak harus saling mengenal dan dibentuk karena azas manfaat (utilitarian) sehingga bersifat formal, impersonal dan segmental.

Contohnya, sekolah dan organisasi massa. Seseorang tidak berhubungan dengan orang lain sebagai suatu pribadi,tetapi sebagai seseorang yang berfungsi dalam menjalankan suatu peran.Kualitas pribadi tidak begitu penting,yang penting yaitu cara kerjanya.

Demikian artikel singkat mengenai Kelompok Sosial Primer dan Sekunder. Jika berkenan bisa dibagikan dan semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih!

0 Response to "Kelompok Sosial Primer dan Sekunder"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel