Laporan Arus Kas: Pengertian dan Komponen

Artikel kali ini akan membahas mengenai Laporan Arus Kas. Terdiri dari Pengertian dan komponen arus kas, dan laporan arus kas itu sendiri. Mari simak penjelasan berikut ini.




Pengertian dan Komponen Arus Kas

Penerimaan uang menunjukakn hasil kas yang diperoleh perusahaan dalam satu periode, sedangkan pengeluaran merupakan rincian penggunaan uang kas perusahaan dalam satu periode. Laporan yang berisikan arus uang yang diterima perusahaan dan arus uang yang dikeluarkan perusahaan dalam satu periode tertentu dinamakan laporan arus kas.

Laporan arus kas dibagi menjadi tiga aktivitas, yaitu aktivitas operasi, investasi, dan pembiayaan disebut laporan kas.

1. Arus kas dari aktivitas operasi adalah arus kas dari transaksi-transaksi yang memengaruhi laba bersih. Misalnya transaksi pembelian dan penjualan barang dagang. Arus kas dari aktivitas operasi dapat dilaporkan dengan metode langsung dan metode tidak langsung.

a) Metode Langsung
Arus kas aktivitas operasi metode langsung melaporkan sumber-sumber utama dari penerimaan kas dan penggunaan utama dari pengeluaran kas dari aktivitas operasi perusahaan.

b) Metode Tidak Langsung
Arus kas aktivitas operasi metode tidak langsung melaporkan arus kas operasi yang diawali dengan laba bersih dan melakukan rekonsiliasi untuk pendapatan dan beban yang tidak melibatkan penerimaan dan atau pembayaran tunai/kas.

2. Arus kas dari aktivitas investasi adalah arus kas dari transaksi-transaksi investasi pada aktiva tidak lancar/aktiva tetap. Misalnya pembelian dan penjualan gedung, peralatan, dan kendaraan.

3. Arus kas dari aktivitas pembiayaan adalah arus kas dari transaksi-transaksi yang memengaruhi liabilitas dan ekuitas. Misalnya memmbayar dividen, prive, dan penerbitan saham.

Laporan Arus Kas

Untuk menyusun laporan arus kas dibutuhkan neraca saldo perbandingan dan laporan laba rugi. Untuk itu simak contoh laporan arus kas dibawah ini.

www.akuntansipendidik.com
www.akuntansionline.id

Demikian artikel mengenai Laporan Arus Kas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan salam berbagi!

0 Response to "Laporan Arus Kas: Pengertian dan Komponen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel