Menentukan Inti Kalimat dan Kalimat Inti

Pada artikel kali ini, masrafli.com akan membahas mengenai Menentukan Inti Kalimat dan Kalimat Inti. Sebelum itu, apa itu inti kalimat ? apakah berbeda dengan kalimat inti ? Bagaimana cara menentukan inti kalimat ? 

Pertanyaan-pertanyaan di atas sering tersirat dalam otak kita. Lantas apa jawabannya? Mari simak penjelasan berikut ini. Cermati kalimat berikut.

Menentukan Inti Kalimat dan Kalimat Inti

Satria Bayu Pamungkas sedang bermain bola di halaman rumah
 Penjelasan : 
A. Kalimat intinya : Satria Bayu Pamungkas(S)   bermain(P)
B. Inti Kalimatnya : 
1. Satria Bayu Pamungkas (S)
2. bermain (P)

Inti kalimat adalah unsur pokok kalimat, seperti subjek (S) dan predikat (P), sedangkan objek (O), pelengkap (Pel), dan keterangan (K) merupakan usnur tambahan kalimat. Inti kalimat tentu berbeda dengan kalimat inti walaupun erat kaitannya.

Kalimat inti adalah kalimat yang hanya terdiri atas dua unsur inti kalimat, yaitu S (subjek) dan P (predikat) seperti pada penjelasan (A). Adapun inti kalimat adalah S (Satria Bayu Pamungkas) dan P saja, yaitu bermain.

Coba cermati juga kalimat-kalimat di bawah ini.
1. Ketika hujun turun dengan derasnya, Abdul sedang mengerjakan soal-soal matematika.
2. Jamal akan menghadiri acara tersebut kalau orang tuanya mengizinkan.

Inti kalimat (1) adalah Abdul mengerjakan soal-soal, sedangkan inti kalimat (2) adalah Jamal menghadiri acara. Jadi, inti kalimat terletak pada induk kalimat, bukan pada anak kalimat.

Demikian artikel mengenai Menentukan Inti Kalimat dan Kalimat Inti. Semoga bermanfaat untuk para pembaca masrafli.com, dan Terima Kasih!

0 Response to "Menentukan Inti Kalimat dan Kalimat Inti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel