Pengertian Program Linear

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai Program Linear. Tetapi sebelum itu, apa itu program linear ? pasti tidak terdengar asing saat anda belajar matematika di sekolah. Mari simak penjelasannya.

Program Linear adalah bagian matematika terapan (operasional research), dengan model matematika yang terdiri dari persamaan-persamaan atau pertidaksamaan-pertidaksamaan linear, yang memuat pembuatan program untuk memecahkan berbagai persoalan sehari-hari. Program Linear sering kita jumpai pada model matematika.

Pengertian Program Linear

Model matematika adalah suatu rumusan yang diperoleh dari tafsiran seseorang ketika menerjemakan suatu masalah program linear kedalam bahasa matematika.

Modal matematika dari masalah program linear terdiri dari dua bagian, yaitu:
1. Sistem pertidaksamaan linear dua peubah, merupakan bagian dari kendala-kendala yag harus dipenuhi oleh peubah x dan y.
2. Fungsi sasaran berbentuk (ax + by), merupakan bagian yang hendak dioptimalkan (maksimal/minimal).

Suatu persoalan dikatakan persoalan program linear, jika memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Tujuan (objektif) persoalan yang akan dicapai harus dapat dinyatakan dalam bentuk fungsi linear ax + b = z. Fungsi linear ini dikenal sebagai fungsi tujuan (fungsi objektif).

2. Harus ada alternatif pemecahan. Pemecahan yang membuat nilai fungsi tujuan menjadi optimum (keuntungan yang maksimum, pengeluaran biaya yang minimum dan sebagainya).

3. Sumber-sumber yang tersedia dalam jumlah yang terbatas, seperti (modal terbatas, bahan mentah terbatas, dan sebagainya). Pembatasan-pembatasan dari sumber yang tersedia harus dinyatakan dalam bentuk pertidaksamaan linear).

Demikian artikel mengenai Pengertian Program Linear, dan juga kaitannya dengan model matematika serta ketentuan-ketentuan dari program linear tersebut. Semoga bermanfaat untuk para pembaca yang sedang belajar dan Terimakasih!

0 Response to "Pengertian Program Linear"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel