Kebudayaan Adalah: Pengertian, Unsur, dan Wujud

Artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian kebudayaan, unsur-unsur kebudayaan, dan wujud kebudayaan. Mari simak penjelasan dari masrafli.com berikut ini.

Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, buddayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi. Artinya budi atau akal sehingga dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan akal budi. 


Dalam termnologi bahasa inggris, budaya disebut culture yang berakar dari bahasa latin colere, artinya mengolah tanah atau mengerjakan atua bertani. Karena itu kebudayaan dapat diartikan sebagai usaha, karya dan kegiatan manusia dalam mengolah alam.

Oleh karena itu dapat disimpukan bahwa kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi ide atau gagasan yang terdapat dalam kehidupan manusia.

7 Unsur kebudayaan

Tujuh unsur kebudayaan yang bersifat universal menurut Clyde Kluckhohn adalah sebagai berikut.

Sistem Bahasa
Bahasa merupakan sarana bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan sosialnya untuk berinteraksi atau berhubungan dengan sesamanya. Bahasa berawal dari sebuah kode, tulisan, hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antarsesama manusia, bahkan asudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa inggris.

Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan dalam kultural universal berkaitan dengan sistem peralatan hidup dan teknologi karena sistem pengetahuan bersifat abstrak dan berwujud ide alam, ide manusia. Sistem pengetahuan sangat luas batasannya karena mencakup pengetahuan manusia tentang berbagai unsur yang digunakan dalam kehidupannya.

Menurut Koentjaraningrat, setiap suku bansa di dunia memiliki pengetahuan mengenai hal-hal berikut.
  • alam sekitarnya
  • tumbuhan yang tumbuh disekitar daerah tempat tinggalnya
  • binatang yang hidup di daerah tempat tinggalnya
  • zat-zat, bahan mentah, dan benda-benda dalam lingkugnannya
  • tubuh manusia
  • sifat-sifat dan tingkah laku manusia
  • ruang dan waktu

Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial
Kekerabatan berkaitan dengan pengertian tentang perkawinan dalam suatu masyarakat karena perkawinan merupakan inti atau dasar pembentukan suatu komunitaas atau organisasi sosial.

Sistem Peralatan Hidupd dan Teknologi
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang-barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

Sistem Ekonomi atau Mata Pencaharian Hidup
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang-barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengna makhluk hidup yang lain.

Sistem Religi
Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih Mahakuasa

Kesenian
Setelah memenuhi kebutuhan fisik,manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan

Wujud Kebudayaan

berdasarkan wujdunya, kebudayaan digolongkan dua macam, yaitu sebagai berikut.

1. Bersifat Abstrak
Terletak di dalam pikiran manusia sehingga tidak dapat diindera. Contohnya, ide, gagasan, cita-cita, peraturan, nilai dan norma sosial. Dengan kata lain, sebagai bentuk ideal sebuah kebudayaan.

2. Bersifat Konkret 
Merupakan hasil tindakan atau aktivitas manusia yang dapat diindera. Contohnya, teknologi kesenian, bahasa, dan perilaku. Dengan kata lain, sebagai hasil kebudayaan.

Demikain artikel mengenai Pengertian Kebudayaan, Unsur Kebudayaan, dan Wujud Kebudayaan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Terimakasih! 

Referensi : www.ilmudaninfo.com

0 Response to "Kebudayaan Adalah: Pengertian, Unsur, dan Wujud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel