Kelompok Sosial Solidaritas Mekanik dan Organik - Masrafli

Jumat, 08 Februari 2019

Kelompok Sosial Solidaritas Mekanik dan Organik

Kelompok Sosial Solidaritas Mekanik dan Organik - Kelompok sosial adalah sekumpulan manusia yang membentuk kesatuan hidup bersama, saling berinteraksi dan berhubungan sehingga melahirkan rasa kebersamaan, kesatuan, dan saling memiliki.

Tipe kelompok sosial yang akan dibahas kali ini yaitu menurut Emile Durkheim. Menurutnya, tipe kelompok sosial dibedakan menjadi kelompok solidaritas merkanik dan kelompok solidaritas organik.

Solidaritas Mekanik dan Organik

Kelompok Solidaritas Mekanik
Kelompok solidaritas mekanik adalah kelompok yang masih sederhana yang dipersatukan oleh kenyataan bahwa setiap orang kurang lebih sama sehingga tidak ada pembagian kerja yang jelas antaranggota kelompok. Segala sesuatu dikerjakan bersama oleh semua anggota kelompok.

Solidaritas mekanik diikat oleh kesadaran kolektif yaitu kesadaran bersama yang mencakup keseluruhan kepercayaan dan perasaan kelompok, bersifat ekstrem dan memaksa. 

Hal yang diutamakan dalam kelompok ini adalah kesamaan perilaku dan sikap sehingga segala bentuk perbedaan tidak dibenarkan. Karena itu, hukum dalam kelompok solidaritas mekanik bersifat represif. Artinya, setiap pelaku kejahatan atau perilaku menyimpang akan dihukum agar keutuhan kesadaran kolektif dan kelompok tetap terjaga. Contohnya, masyarakat pedesaan.

Kelompok Solidaritas Organik
Kelompok solidaritas organik adalah kelompok yang sudah kompleks dan sudah mengenal sistem pembagian kerja yang lebih rumit, detail dan teratur. Setiap anggota kelompok bekeja sesuai dengan keahliannya. 

Solidaritas organik muncul karena kesadaran bahwa setiap orang berbeda, unik dan memiliki keahlian masing-masing sehingga memunculkan rasa ketergantungan antaranggota karena setiap anggota memiliki fungsi dan peran yang penting bagi kelompok.

Ikatan utama yang mempersatukan kelompok adalah kesepakatan-kesepakatan yang terjalin antaranggota. Karena itu, dalam kelompok solidaritas organik, hukum bersifat restitutif yaitu bertujuan untuk memulihkan aktivitas kerja kembali normal. Contohnya, masyarakat perkotaan.

Demikian artikel mengenai Kelompok Sosial Solidaritas Mekanik dan Organik. Jika berkenan silahkan bagian dan semoga bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done