Pengertian, Contoh, dan Penyebab Kelangkaan - Masrafli

Jumat, 01 Maret 2019

Pengertian, Contoh, dan Penyebab Kelangkaan

Pengertian, Contoh, dan Penyebab Kelangkaan - Kelangkaan atau scarcity adalah kondisi ketika manusia memiliki sumber daya ekonomi yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Terdapat dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu pertama, sumber daya ekonomi yang bersifat terbatas; kedua, pemenuhan kebutuhan ekonomi memerlukan sumber daya ekonomi yang tidak terbatas.


Kelangkaan semakin nyata ketika kita ingin memanfaatkan sumber daya ekonomi, seperti sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keterampilan kewirausahaan. Sumber daya alam digunakan dalam proses industri dan jasa. 

Sumber daya alam, misalnya tanah, merupakan sumber daya ekonomi yang langka karena jumlahnya relatif tetap, sedangkan kebutuhan terhadap tanah terus bertambah.

Kelangkaan tanah terjadi terutama di daerah perkotaan. Seiring pertambahan jumlah penduduk yang bermukim di kota, banyak tanah kosong yang telah beralih fungsi menjadi perumahan, lokasi industri, dan tempat pembelanjaan. 

Akibatnya, ruang terbuka untuk tempat bermain anak-anak sulit ditemukan sehingga membuat anak-anak menggunakan jalan raya sebagai tempat bermain.

Faktor penyebab kelangkaan dapat antara lain sebagai berikut.

  1. Kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia
  2. Keterbatasan benda pemuas kebutuhan di alam
  3. Peningkatan kebutuhan yang lebih cepat dibandingkan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan
  4. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya ekonomi yang ada

Demikian artikel mengenai Pengertian, Contoh, dan Penyebab Kelangkaan. Semoga bermanfaat untuk para pembaca masrafli.com dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done