12 ilmu penunjang Geografi - Masrafli

Jumat, 12 April 2019

12 ilmu penunjang Geografi


Berikut ini 12 ilmu penunjang geografi, sebagai berikut:

a. Geologi : ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, asal kejadian, struktur, komposisi dan sejarahnya (termasuk perkembangan kehidupan) dan proses alamiah yang membuat perkembangannya hingga seperti sekarang.

b. Geomorfologi : studi tentang bentuk permukaan bumi dan segala proses yang menghasilkan bentuk bentuk tersebut


c. Oseonografi : ilmu yang mempelajari lautan, air serta gerakannya ,pasang, arus, kedalaman, temperatur, kada garam, dan nilai ekonomisnya. Selain itu, oseanografi juga mempelajari tentang geologi dasar lau, batas-batas laut, tumbuhan dan binatang lait, serta hubungan antara laut dan atmosfer


d. Hidrologi : ilmu yang mempelajari air di permukaan dan di bawah permukaan, termasuk danau, sungai, mata air, dan rawa-rawa.


e. Meteorologi : ilmu yang mempelajari keadaan cuaca di atmosfer, udara, suhu, angin, keawanan, curahan, dan radiasi matahari.


f. Klimatologi : studi tentang kondisi rata-rata cuaca dalam waktu yang relatif lama (10-30 tahun). Klimatologi mempelajari/membahas berbagai iklim diseluruh dunia.


g. Biologi : ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup


h. Botoni : ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan, dimana/di daerah mana tumbuh-tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan subur dan bagaimana persebarannya.


i. Zoologi : ilmu yang mempelajari dunia binatang,berkaitan dengan dimana/di daerah mana binatang tersebut hidup, bagaimana binatang itu tersebar, dan apa sebab binatang tersebut berpindah.


j.Demografi : ilmu pengetahuan yang mengumpulkan,menyelidiki catatan-catatan dan statistik penduduk untuk mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan, kepadatan, kelahiran, kematian, perpindahan, dan persebaran penduduk.


k. Ekologi : cabang dari ilmu biologi yang mempelajari hubungan antara organisme serta antara organisme dan lingkungan


l. Ekonomi : ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai kemakmuran.


Demikian artikel mengenai 12 ilmu penunjang Geografi. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done