Faktor Penyebab Munculnya Masalah Sosial - masrafli.com

Jumat, 17 Mei 2019

Faktor Penyebab Munculnya Masalah Sosial

Faktor penyebab munculnya masalah sosial - Masalah sosial yang berlangsung di masyarakat pada umumnya disebabkan oleh berbagai faktor atau sumber, terutama karena adanya suatu permasalahan atau perselisihan berkaitan dengan identitas (mobilitas individu dalam kelompok) dan distribusi (pembagian sumber daya ekonomi, sosial, dan politik dalam sebuah masyarakat) yang tidak dapat diselesaikan secara baik-baik.

Diantara faktor faktor yang menyebabkan munculnya masalah sosial adalah kebutuhan perasaan, kekuasaan, emosi, kekuasaan, nilai, dan persepsi.

1. Kebutuhan

Kebutuhan dapat kita artikan seabgai esensi terhadap kesejahteraan dan keberadaan manusia.

2. Perasaan dan Emosi (feeling and emotions)

Perasaan dan emosi merupakan respons yang timbul dari setiap individu atau kelompok dalam menghadapi suatu gejala atau fenomena sosial

3. Perbedaan kebudayaan

Pola-pola kebudayaan sangat berpengaruh terhadap pembentukan dan perkembangan kepribadian setiap anggota masyarakat yang bertempat tinggal di suatu lingkungna kebudayaan

4. Perubahan Sosial
Perubahan sosial (perubahan struktur dan sistem sosial) yang berlangsung secara cepat, pada umumnya tidak dapap diadaptasi oleh seluru anggota masyarakat karena berbagai alasan, seperti alasan eknomis, politis, dan sosial budaya, terutama yang menyangkut nilai dan norma sosial yang tertanam dengan kuat (terinternalisasi).

5. Persepsi

Persepsi yaitu cara pandang dan pemahaman terhadap suatu hal atau masalah. W.A. Gerungan mengemukakan bahwa prasangka pada umumnya timbul karena hal-hal berikut :
  a. kepentingan perseorangan dan golongan
  b. ketidaktahuan akan kerugian yang dialami apabila prasangka buruk dipupuk
  c. kurangnya pengetahuan dan pengertian terhadap sifat dan sikap orang lain atau kelompok lain

6. Kekuasaan (Power)

Kekuasaan yaitu kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi orang lain sesuai dengna kehendaknya



7. Masalah yang tidak terselesaikan

Persoalan yang tidak terselesaikan berpotensi menjadi sumber konflik yang berkepanjangan. Sekecil apapaun yang muncul merupakan sumber konflik yang potensial dan sangat berbahaya jiak muncul di permukaan.

8. Benturan Kepentingan

Adanya kepentingna yang sama terhadap bidang-bidang kehidupan, seperti politik, ekonomi, dan sosial budaya cenderung menyebabkan persaingan yang dalam prosesnya sering berlangsung secara tidak sehat dan akan berakhir dalam sebuah konflik.

Demikian artikel mengenai Faktor Penyebab Munculnya Masalah Sosial. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done