Fungsi Tari Modern - masrafli.com

Sabtu, 25 Mei 2019

Fungsi Tari Modern


Fungsi Tari Modern - Setiap tari tentu memiliki unsur keindahan yang menjadi daya tarik orang untuk melihatnya. Rasa indah itu sendiri mengalami perubahan, perkembangan dan pertentangan pada setiap kurun waktu atau periode.

Apalagi kemajuan zaman, teknologi, ilmu pengetahuan dan pengalaman telah mempengaruhi pemikiran manusia. Kini manusia modern yang hidup diperkotaan pada umumnya semakin jauh dari budaya agraris tradisional.


Tujuan ekspresi seni mengalami pergeseran.Berdasarkan fungsinya, tari modern mencerminkan sifat sosial yang dibagi menjadi tari sebagai media, sebagai hiburan dan sebagai pertunjukan. Penjelasannya yaitu sebagai berikut.


Tari Sebagai Hiburan

Pada dasarnya tari ini tidak bertujuan untuk ditonton, tetapi tarian ini untuk kepuasan penarinya. Keindahan tidak dipentingkan, melainkan lebh mementingkan untuk kepuasan individual, sehingga tampak bersifat spontanitas.

Tari Sebagai Pertunjukan (Theatrical dance)

Tari jenis ini adalah tari yang disusun sengaja untuk dipertontonkan, maka dalam penyajiannya mengutamakan segi artistiknya, pengarapan koreografi yang baik serta tema dan tujuan yang jelas.

Demikian artikel mengenai Fungsi Tari Modern. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done