Kesultanan Islam Samudra Pasai - masrafli.com

Selasa, 21 Mei 2019

Kesultanan Islam Samudra Pasai

   
Kesultanan Islam Samudra Pasai merupakan Kesultanan Islam pertama di Indonesia. Kesultanan ini berdiri pada abad ke 13 dan didirikan oleh Sultan Malik al Saleh yang sekaligus menjadi raja pertama Kesultanan Samudra Pasai ini. Letak Geografis Kesultanan ini berada di Aceh utara tepatnya di kabupaten Lokseumawe.

Pada tahun 1927 Sultan Malik al Saleh meninggal, kemudian untuk meneruskan pemerintahan yang sudah ada ditunjuklah putranya yang bernama Sultan Mahmud untuk menggantukan posisi Ayahnya sebagai Raja. Selang 29 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1326 Sultan Mahmud juga meninggal. Kemudian untuk meneruskan Kesultanan Islam Samudra Pasai ditunjukklah Sultan Ahmad untuk menggantikan posisi beliau.


Pada masa pemerintahan Sultan Ahmad, Kesultanan Islam Samudra Pasai mendapat kunjungan dari utusan Sultan Delhi, yaitu Ibnu Batuta. Beliau memberitahukan bahwa Samudra Pasai adalah bandar utama pelabuhan yang sangat penting. Sebab, di pelabuhan ini menjadi tempat segala aktifitas bongkar muat seluruh barang dagangan yang dibawa oleh para pedagang baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga, hal ini tentu harus dimanfaatkan oleh Samudra Pasai untuk mendongkrak perekonomian pemerintahannya.

Demikian artikel mengenai Kesultanan Islam Samudra Pasai. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done