Pengertian dan Tujuan Resensi - masrafli.com

Sabtu, 25 Mei 2019

Pengertian dan Tujuan Resensi


Resensi berasal dari kata recensie (Belanda) yang berarti memeriksa kembali atau menimbang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi adalah pertimbangan atau ulasan sebuah hasil karya atau sebuah buku.

Tujuan penulisan resensi yaitu menyampaikan kepada pembaca tentang kualitas hasil karya atau sebuah buku, apakah pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.


Untuk memberikan ulasan secara objektif, seorang penulis resensi (resensator) harus memperhatikan dua faktor, yaitu sebagai berikut.

  1. Resensator harus memahami sepenuhnya tujuan pengarang aslinya. Tujuan penulisan buku biasanya ditulis pada bagian pengantar. Tujuan ini harus dipahami oleh resensator agar ia mempunyai bahan yang cukup kuat untuk menyampaikan sesuatu kepada pembaca.
  2. Resensator harus memahami sepenuhnya maksud menulis resensi. Resensator harus benar-benar memahami kewajiban mana yang harus dipenuhinya dalam membuat resensi, yaitu kewajibannya terhadap pembaca dan bagaimana penilaiannya terhadap buku.

Demikian artikel mengenai Pengertian dan Tujuan Resensi. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done