Perbedaan Sensus de Facto dan Sensus de Jure - masrafli.com

Minggu, 19 Mei 2019

Perbedaan Sensus de Facto dan Sensus de Jure

Sensus penduduk adalah proses pencatatan, perhitungan, dan publikasi data demografis yang dilakukan terhadap semua penduduk yang tinggal menetap di suatu wilayah atau neara tertentus secara bersamaan.

Perbedaan Sensus de Facto dan Sensus de Jure - Di dalam pelaksanaanya, sensus dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu Sensus de Jure dan Sensus de Facto, lalu apa perbedaan keduannya ? Penjelasannya sebagai berikut



Sensus de Facto
Sensus de Facto adalah proses pencacahan penduduk yang dilaksanakan terhadap semua orang yang ditemui oleh petugas ketika dilaksanakan sensus.metode ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, tetapi sangat dipengaruhi oleh adanya arus perpindahan penduduk

Sensus de Jure

Sensus de Jure adalah proses pencacahan penduduk yang dilaksanakan terhadap semua orang yang benar-benar tercatat bertempat tinggal di suatu wilayah, umumnya sesuai dengan kartu tanda penduduk (KTP).Metode ini memiliki keuntungan yaitu data dapat diperoleh secara pasti tanpa terpengaruh oleh keluar masuknya penduduk.Namun jika perpindahan yang terjadi belum dicatat, jumlah penduduk tidak dapat diketahui secara pasti.

Demikian artikel mengenai Perbedaan Sensus de Facto dan Sensus de Jure. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done