Sejarah Revolusi Februari 1917 - masrafli.com

Rabu, 15 Mei 2019

Sejarah Revolusi Februari 1917

   


Sejarah Revolusi Februari 1917 - Revolusi 1905 yang dimulai dengan pemogokan umum di Petrograd (kemudian diubah menjadi Leningrad) segera diikuti oleh seluruh negara.Kaum buruh di Petrograd membentuk Dewan Buruh yang kemudian diikuti oleh buruh-buruh lain di seluruh negeri. Mereka kemudian membentuk organisasi politik untuk mengatur perjuangan kaum buruh yang dinamakan Dewan Soviet (Dewan Buruh)

Dalam perkembangannya organisasi ini menjelma menjadi sebuah organisasi yang sangat revolusioner. Banyak kaum buruh yang menganggap Dewan Soviet merupakan pemerintahan mereka sendiri. Hal ini membuat Dewan Soviet merupakan pemerntahan yang bersaing dengan pemerintahan tsar.


Banyaknya demonstarasi yang dipelopori oleh dewan-dewan soviet yang tak kenal lelah, telah melemahkan kedudukan Tsar Nicholas II. Kekalahan-kekalahan yang diderita Rusia dalam Perang Dunia I, semakin menggoyahkan kedudukan tsar. Keadaan ini memudahkan terjadinya perebutan kekuasaan yang dipelopori oleh Partai Sosialis Mensyewik yang dipimpin oleh Karensky. Pada saat itu partai ini menguasai mayoritas suara pada Dewan Soviet seluruh Rusia. Peristiwa ini disebut dengan Revolusi Februari 1917.


Demikian artikel mengenai Sejarah Revolusi Februari 1917. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done