Unsur-Unsur Kebudayaan - masrafli.com

Jumat, 24 Mei 2019

Unsur-Unsur Kebudayaan

Unsur-Unsur Kebudayaan - Kluckhon dalam bukunya yang berjudul Universal Categories of Culture membagi kebudayaan yang ditemukan pada semua bangsa di dunia dari sistem kebudayaan yang  sederhana seperti masyarakat perdesaan hingga sistem kebudayaan yang kompleks seperti masyarakat perkotaan.

Kluckhon membagi sistem kebudayaan menjadi 7 unsur kebudayaan universal atau disebut dengan kultural universal. Menurut Koentjaraningrat, istilah universal menunukkan bahwa unsur-unsur kebudayaan semua bangsa di berbagai penjuru dunia. Ke-7 Unsur kebudayaan itu ialah sebagai berikut.

Sistem Bahasa

Bahasa merupakan sarana bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan sosialnya untuk berinteraksi atau berhubungan dengan sesamanya. Bahasa berawal dari sebuah kode, tulisan, hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antarsesama manusia, bahkan asudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa inggris.


Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan dalam kultural universal berkaitan dengan sistem peralatan hidup dan teknologi karena sistem pengetahuan bersifat abstrak dan berwujud id alam ide manusia. Sistem pengetahuan sangat luas batasannya karena mencakup pengetahuan manusia tentang berbagai unsur yang digunakan dalam kehidupannya.

Menurut Koentjaraningrat, setiap suku bansa di dunia memiliki pengetahuan mengenai hal-hal berikut.

  • alam sekitarnya
  • tumbuhan yang tumbuh dis ekitar daerah tempat tinggalnya
  • binatang yang hidup di daerah tempat tinggalnya
  • zat-zat, bahan mentah, dan benda-benda dalam lingkugnannya
  • tubuh manusia
  • sifat-sifat dan tingkah laku manusia
  • ruang dan waktu

Sistem Kekerabatan dan Organisasi Sosial
Kekerabatan berkaitan dengan pengertian tentang perkawinan dalam suatu masyarakat karena perkawinan merupakan inti atau dasar pembentukan suatu komunitaas atau organisasi sosial.

Sistem Peralatan Hidupd dan Teknologi
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang-barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidupd an membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

Sistem Ekonomi atau Mata Pencaharian Hidup
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang-barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengna makhluk hidup yang lain.

Sistem Religi
Kepercayaan manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih Mahakuasa

Kesenian
Setelah memenuhi kebutuhan fisik, manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan

Demikian artikel mengenai Unsur-Unsur Kebudayaan. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done