Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional - masrafli.com

Kamis, 06 Juni 2019

Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional

Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional - Pengangguran merupakan masalah pokok dalam suatu masyarakat modern. Jika tingkat pengangguran tinggi, sumber daya menjadi terbuang percuma dan tingkat pendapatan masyarakat akan merosot.

Dalam situasi seperti ini, kelesuan ekonomi akan berpengaruh juga pada emosi masyarakat dan kehidupan keluarga sehari-hari.

Dampak pengangguran terhadap kegiatan ekonomi yaitu terjadinya kelesuan ekonomi yang bisa berpengaruh pada emosi masyarakat dan bisa menurunkan pendapat per kapita. Pengangguran berdampak terhadap hal-hal dibawah ini.


1. Pendapatan per Kapita
Menganggur berarti tidak bekerja dan tidak menghasilkan. Orang yan menganggur akan membebani orang yang bekerja. Maka akibatnya, menganggur dapat menurunkan pendapatan per kapita.

Pendapatan per kapita akan semakin turun jika banyak orang yang mengangur. Sebaliknya, jika semua orang bekerja, maka pendapatan per kapita akan semakin meningkat.
      
Akibat lanjutan dari berkurangnya pendapatan ini adalah berkurangnya daya beli atau permintaan barang dan jasa oleh masyarakat. Penurunan pengelauran masyarakat ini, bisa mengakibatkan pengangguran berikutnya.

2. Beban Sosial
Dengan semakin besarnya jumlah penganggur, semakin besar pula biaya sosial yang harus dikeluarkan. Biaya sosial itu mencankup biaya atas pengingkatan tugas-tugas medis, biaya keamanan, dan proses peradilan sebagai akibat meningkatnya tindak kejahatan.

3. Pendapatan Nasional 
Dengan bekerja, seseorang mendapat balas jasa yang disebut dengan upah. Upah adalah salah satu komponen pendapatan nasional. Dengan demikian, semakin besar jumlah orang yang tidak mendapat upah (penganggur), maka semakin kurang penerimaan negara dari pajak penghasilan.

4. Beban Psikologis dan Psikis
Semakin lama seseorang menganggur, maka semakin besar pula beban psikologis dan psikis yang harus ditanggung. Secara psikologis, orang yang menganggur mempunyai perasaan tertekan, sehingga berpengaruh terhadap berbagai perilakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak psikologis ini mempunyai efek domino di mana secara sosial, orang menganggur akan merasa minder atau iri karena status sosial yang belum atau tidak jelas.
   
Demikian artikel mengenai Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Nasional. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done