Kerajaan Mycena dan Perang Troya - masrafli.com

Kamis, 13 Juni 2019

Kerajaan Mycena dan Perang Troya

Kerajaan Mycena dan Perang Troya - Kehancuran Kerajaan Kreta sangat berpengaruh terhadap perdagangna di Laut Tengah. Pusat perdagangan pindah ke Kerajaan Mycena dengan pusat perdagangannya di Troya (daerah Asia Kecil) di Selat Hellespons, di pintu masuk ke Laut Hitam.

Sekitar tahun 1180 SM, kota Troy diserbu oleh bangsa Yunani. Perang antara Yunani dan Troya ini disebut dengan  Perang Troya. Perang ini diabadikan oleh pujangga Homerus dalam bukunya yang berjudul lliad yang terdiri atas 24 buku yang terbagi dalam 16.000 sajak. Buku ini menceritakan Putri Helena, permasuri Raja Menelaus dari Yunani, dibawa lari oleh Pangeran Paris, putra mahkota dari Troya.

Sumber : Google

Setelah berjuang bertahun-tahun, pasukan Yunani belum berhasil menjebol benteng kota Troya sehingga mereka frustasi. Namun, berkat ide cemerlang dari Odisseus dengan menggunakan kuda kayu raksasa yang diisi prajurit, pasukan Yunani berhasil menembus benteng kota Troya.


Pasukan Yunani berpura-pura mundur dengan meninggalkan kota Tronya. Melihat hal tersebut, Pasukan Troya mengira mereka telah meyerah. Kuda kayu raksasa dikira oleh pasukan Troya sebagai pernyataan kekalahan dari pasukan Yunani. Pasukan Troya kemudian membawa kuda itu ke dalam kota dan merayakan kemenangan mereka.

Namun, pada malam harinya prajurit Yunani yang bersembunya dalam kuda raksasa tersebut kemudian keluar dan membuka gerbang kota. Pasukan Yunani yang berada di luar benteng berhasil masuk ke dalam kota. Mereka pun berhasil membuat kekacauan di kota Troya. Seusai perang, Menelaus berhasil mendapatkan kembali istrinya.

Kisah Perang Troya dapap memberi pelajaran bagi kita semua bahwa sebagai manusia tidak boleh putus asa, apabila menemukan kegagalan dalam suatu usaha. Sebaiknya kita harus berupaya untuk mencari jalan dengan berbagai ide untuk mengubah kegagalan menjadi sebuah keberhasilan. Namun, disisi lain sebaiknya kita juga tidak cepat puas terhadap kebehrasilan yang kita peroleh.

Demikian artikel mengenai Kerajaan Mycena dan Perang Troya. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done