Sejarah Revolusi Oktober 1917 di Rusia - masrafli.com

Minggu, 30 Juni 2019

Sejarah Revolusi Oktober 1917 di Rusia

    

Revolusi Oktober 1917 - Dalam perkembangannya pemerintahan Mensyewik kehilangan kepercayaan di mata rakyat. Sementara itu, secara diam-diam kaum Bolsyewik mempersiapkandiri untuk merebut kekuasaan dengan mengadakan wajib militer kepada pekerja di bawah pimpinan Trotsky. Kaum bolsyewik juga mencari simpati rakyat dengan menjanjikan adanya kedamaian dan pembagian tanah.

Setelah mendapat dukungan dari rakyat, kaum Bolshyewik berupaya untuk merebut kekuasaan. Revolusi di mulai di Petrograd di bawah pimpinan Lenin yang menyerukan untuk mendirikan Republik Soviet. Langkah Lenin ini mendapat dukungan dari Angkatan Darat dan Angkatan Laut di Petrograd.


Pada tanggal 25 Oktober 1917 Lenin berhasil menggulingkan pemerintah Mensyewik pimpinan Kerensky. Kaum Bolshewik akhirnya berhasil memegang tampuk pemerintahan baru di Rusia.

Tambahan

Walaupun sebenarnya revolusi ini terjadi pada tangal 7 November 1917 menurut penanggalan Gregorian di Rusia, namun dikarenakan Rusia saat itu masih memakai Kalender Julian, maka menurut penanggalan Julian, peristiwa ini terjadi pada tanggal 25 Oktober 1917. 

Oleh karena itu, revolusi ini disebut Revolusi Oktober. Dan dengan revolusi oktober ini, abad ke-20 memasuki era pertama komunisme.

Demikian artikel mengenai Sejarah Revolusi Oktober 1917 di Rusia. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done