Faktor Pembentuk Kelompok Sosial - masrafli.com

Minggu, 14 Juli 2019

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial - Anda pasti pernah ingin bergabung dengan sebuah kelompok, itu semua sesuatu yang murni dari diri anda sendiri atau juga secara kebetulan.

Misalnya, seseorang terlahir dalam keluarga tertentu. Namun, ada juga yang merupakan sebuah pilihan. Ada dua faktor utama yang sepertinya mengarahkan pilihan tersebut yaitu kedekatan dan kesamaan.


1. Kedekatan
a. Kedekatan geografis daerah asal 
Ketika seseorang merantau ke suatu tempat dan bertemu dengan orang yang sama-sama merantau dan berasal dari daerah yang sama, maka orang tersebut pun merasa ada ikatan batin, meskipun semula belum saling kenal saat masih di daerah asal mereka.

b. Kedekatan geografis tempat tinggal
Pengaruh tingkat kedekatan atau kedekatan geografis, terhadap ketelibatan seseorang dalam sebuah kelompok tidak bisa diukur. Kita membentuk kelompok bermain dengan orang-orang di sekitar kita. Kita bergabung dengan kelompok kegiatan sosial lokal.

Kelompok tersusun dari individu-individu yang saling berinteraksi. Semakin dekat jarak geografis antara dua orang, semakin mungkin mereka saling melihat, berbicara, dan bersosialisasi.

Atau dengan kata lain, kedekatan fisik meningkatkan peluang interaksi dan bentuk kegiatan bersama yang memungiinkan terbentuknya kelompok sosial. Jadi, kedekatan menumbuhkan interaksi yang memainkan peranan penting terhadap terbentuknya kelompok pertemanan.

2. Kesamaan
Pembentukan kelompok sosial tidak hanya tergantung pada kedekatn fisik, tetapi ada juga kesamaan diantara anggota-anggotanya. Sudah menjadi kebiasaan, orang lebih senang berhubungan dengan orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya.

Kesamaan yang dimaksud yaitu kesamaan kepercayaan, minat, usia, nilai, tingkat intelejensi, dll. Kesamaan-kesamaan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.
  
a. Kesamaan Keturunan
 Sebuah kelompok sosial yang terbentuk atas dasar kesamaan keturunan biasanyaorientasinya yaitu untuk menyambung tali persaudaraan, sehingga masing-masing anggotanya akan saling berkomitmen untuk tetap aktif dalam kelompok sosial ini untuk menjaga tali persaudaraan agar tidak putus.

b. Kesamaan Nasib
Dengan kesamaan nasib atau profesi maupun pekerjaan, maka akan terbentuk kelompok sosial yang menampungnya untuk meningkatkan kinerja masing-masing anggotanya.

c. Kesamaan Kepentingan
Dengan adanya dasar utama yaitu kesamaan kepentingan maka kelompok sosial ini akan bekerja sama demi mencapai kepentingan yang sama itu.
  

1 komentar


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done