Faktor Pendorong Persatuan dan Kesatuan Bangsa - masrafli.com

Senin, 15 Juli 2019

Faktor Pendorong Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Faktor Pendorong Persatuan dan Kesatuan Bangsa - Persatuan dan kesatuan suatu negara merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan yang dijalankannya.

Begitu juga dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tengah melaksanakan pembangunan di segala bidang. Indonesia sangat memerlukan adanya persatuan dan kesatuan di antara rakyat Indonesia.


Suatu program pembangunan tidak akan terlaksana dengan baik dan mencapai suatu keberhasilan jika kondisi negara terpecah belah atau tidak adanya persatuan dan kesatuan di antara warga negaranya.


Dengan demikian, persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan yang sedang dilaksanakan.

Persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah hal yang mutlak dipertahankan dan terus diperkuat alam seluruh aspek kehidupan. Kita harus menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa, misalnya merendahkan suku bangsa lain, menganggap suku kita yang paling baik, dan yang lainnya.


Kita harus memupuk persaudaraan dengan sesama warga negara Indonesia agar persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Sumpah PemudaPancasila, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika


Ketiga faktor itu dapat mempersatukan perbedaan dan keankeragaman yang telah mewarnai kehidupan bangsa Indonesia. Perbedaan suku bangsa, agama, bahasa, dan lain-lain dapat dipersatukan dengan menjalankan nilai-nilai yang terdapat dalam ketiga faktor tersebut sehingga pada akhirnya nilai-nilai tersebut akan memperkuat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done