#AkuInspirasiku: Lolos SBMPTN, tanpa Bimbel Offline dan Online - masrafli.com

Minggu, 21 Juli 2019

#AkuInspirasiku: Lolos SBMPTN, tanpa Bimbel Offline dan Online

#AkuInspirasiku - Haloo, aku Rafli Afrilangga, biasa dipanggil Rafli. Aku baru lulus SMA dan Alhamdulillah menjadi maba (mahasiswa baru) lewat jalur SBMPTN tahun ini. Oh iya, aku diterima di Universitas Negeri Yogyakarta dengan program studi Teknologi Pendidikan. Prodi itu jadi pilihan pertama aku karena ketertarikanku di dunia teknologi.

Dunia teknologi yang sangat aku suka menjadi pertimbangan ku memilih jurusan. Sebenarnya aku sangat ingin Teknik Informatika, tetapi karena aku berada di ranah soshum, itu menjadi kendala ku sendiri. Lintas jurusan sulit bagiku yang tidak suka pelajaran IPA, terlebih lagi waktu yang terbatas untuk mempelajarinya.

Toh akhirnya, tetap mempelajari teknologi tetapi untuk memajukan pendidikan. Terlihat lebih bagus bukan untuk kedepannya? teknologi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pendidikan kita kedepannya. Seperti Eduka System yang membantuku mendapatkan PTN impian dengan memberikan kita kemudahan melalui Fasilitas yang ada, seperti Tryout Eduka.




8 April Ujian Nasional & 14 April sudah UTBK

Pada 8 April 2019 adalah hari terakhirku UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Hari itu ujian mata pelajaran pilihan, dan aku memilih Sosiologi. Mengapa Sosiologi? karena menurutku soal-soalnya masih bisa dilogika, tetapi pilihan gandanya seperti benar semua. Ya itulah Sosiologi, kita harus cermat menganalisis soal dan memilih jawabannya.

Selesai mengerjakan UNBK, aku keluar dari ruangan dan ada perasaan lega karena berhasil melewati perjuanganku di bangku SMA ini. Oh iya, aku sekarang alumni SMA N 1 Banguntapan yang berada di Yogyakarta tepatnya di Kabupaten Bantul. Perasaan senang-lega-khawatir bercampur. Karena, masih ada yang harus aku hadapi selanjutnya.

Ujian Tulis Berbasis Komputer yang menungguku di tanggal 14 April 2019. Kenapa milih tanggal segitu untuk gelombang pertama? karena sudah kehabisan untuk PTN yang ada di Jogja. Aku panik dong, kalau ambil di luar Jogja bakal kejauhan dan ternyata tanggal 14 April masih ada di UPNVYK. Ya akhirnya aku dapet UTBK di sana sesi pagi.


Waktu jeda seminggu antara UNBK dengan UTBK aku gunakan maksimal untuk belajar UTBK. Karena ini sistem baru, jadi model soal ada yang baru juga. Aku yang iseng buka Instagram waktu itu, karena euforianya UTBK kerasa banget di lingkunganku. Aku nemu tuh instagram Eduka system.

Aku follow tuh akun, ternyata seperti akun-akun sebelah yang menyediakan try out dan sebagainya. Tetapi, aku tertarik waktu ada Tryout Eduka gratis dengan syarat yang gampang untuk diselesaikan. Akhirnya dapet kan, dan ternyata Tryout nya pake sistem yang terbaru dong. Ditambah tampilan websitenya yang simple dan enak aja.

Baru tuh Tryout Eduka selanjutnya ada yang berbayar aku ikut terus, ya karena udah nyaman aja sama soalnya dan tingkat kesulitannya wow lumayan juga. Tidak hanya itu, nanti tryout selesai sampai tanggal yang ditentukan, keluar deh tu pembahasan tryoutnya. Ditambah lagi ada ranking tiap jurusan, tiap PTN, tiap kota, pokoknya lengkap banget.


UTBK sesi Pertama Gimana?

Aku yang gaikut bimbel online maupun offline, tetapi mengandalkan cara belajarku sendiri. Karena belum ada biaya juga, dan aku harus memanfaatkan apa yang ada sekarang. Aku juga beli buku SKS (Sistem Kebut Semalam) ditambah latihan soal dari Eduka yang kasih aku gambaran tentang soal-soalnya.

H-1 sebelum UTBK tu aku review semua pembahasan Try Out Eduka sampe hapal di luar kepala. Aku juga baca-baca buku SKS dan nyaris semua halaman udah kubaca, karena simple dan ringkas dan masuk ke otak juga enak wkwk. Aku aja yang males baca buku tebel-tebel sih.


Pagi itu tiba, setelah sholat Subuh aku gak tidur lagi. Aku masih buka pembahasan Try Out Eduka dan baca-baca lagi tuh buku SKS. Bismillah aja, aku berangkat dan minta doa juga ke orang tua ku. Aku sampe sana pagi, karena aku lebih suka nunggu daripada kemerungsu (terburu-buru).

Masuk ruangan, aku dengerin peraturan dibacakan dan kita ikutin juga tutorial UTBKnya. Dengan waktu yang terbatas, selama kurang lebih 3,5 jam aku harus bisa menyelesaikan soal-soalnya. Karena ini tidak ada sistem minus, yaudah deh aku isi aja semuanya hehehe.
Oiya, karena lab komputer dingin banget dan aku kedinginan gaess. Besok pake baju tebel ya kalian kalo UTBK.

Selesai UTBK aku cukup lega dan tinggal menunggu hasilnya 10 hari setelah itu. Aku berdoa aja semoga hasilnya bagus. Langsung ke tanggal 24 aja ya wkwk. Aku buka dong hasil UTBK pertamaku. Dan.... Alhamdulillah aku dapet skor yang lumayan hehe, ga nyangka-kaget-seneng jadi satu.

UTBK sesi Kedua Gimana?

Sayang sekali, UTBK sesi kedua ku nilainya lebih rendah dari yang pertama. Padahal UTBK sesi kedua ku tanggal 25 Mei, dan waktu untuk belajarnya lebih lama. Tetapi, mau gimana lagi mungkin ini udah jalannya. 

Dari selesai UTBK sesi pertama, Eduka System ngadain tryout-tryout lagi yang berbayar dan terbilang murah kok. Tentu aku ikut terus, lumayan untuk mengasah lagi kemampuanku dan seberapa jauh sih aku siap untuk UTBK selanjutnya.

Pendaftaran SBMPTN Gimana? 


Di SBMPTN 2019 aku masih bimbang, tetapi ada nih namanya Rasionalisasi dari Eduka yang ngebantu aku banget. Ini kan fasilitas yang dikasih Eduka untuk kita tentang gambaran saingan kita di luar sana. 

Aku yang memilih prodi Teknologi Pendidikan di UNY, bisa liat nih kira-kira sainganku di rasionalisasi Eduka gimana. Aku rangking berapa nih, banyak juga kok tools-toolsnya dan ada juga penjelasan dari Eduka lewat youtubenya.

Keputusan finalku saat itu, setelah aku yakin di rasionalisasi peringkatku cukup aman. Ya bismillah, aku gaskeun aja prodi itu. Aku cukup yakin sembari menunggu hasilnya. Dan Alhamdulillah aku lolos.

Pesan buat Kalian yang mau SBMPTN tahun depan


Persiapan awal yang matang itu lebih baik kok, apalagi dibantu tryout-tryout untuk mengasah sampai mana sih hasil belajar kita. Atur target belajar kalian untuk SBM ya, jangan mepet-mepet oke!

Rasionalisasi bukan segalanya! itu hanya fasilitas yang bisa kasih kita gambaran gimana saingan kita, toh kan tidak semuanya ikut rasionalisasi. Terkadang nekat itu juga perlu, tetapi kita harus tetap rasional dengan nilai kita jika ingin diterima.

Perbanyak doa dan jangan lupa usaha ya! belajar gak akan rugi kok, hal-hal kecil bisa menjadi besar dan belajar segala sesuatu pasti nanti akan bermanfaat untuk kehidupan kita kedepanya. 

Mungkin cukup sampai disini ya, takutnya kepanjangan kan wkwk. Dan buat kamu pejuang PTN tahun depan good luck ya! Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done