Pengertian dan Jenis Peta - masrafli.com

Senin, 01 Juli 2019

Pengertian dan Jenis Peta


1. Pengertian Peta
Pengertian peta secara umum adalah gambaran dari permukaan bumi yang digambar pada bidang datar, yang diperkecil dengan skala tertentu, dan dilengkapi simbol sebagai penjelas. Beberapa Ahli mendefinisikan peta dengan berbagai pengertian, tetapi pada hakikatnya semua mempunyai inti dan maksud yang sama.

2. Jenis Peta
Peta dapat digolongkan/diklasifikasikan menjadi peta berdasarkan isinya, berdasarkan skalanya, dan berdasarkan sumber datanya.

a. Berdasarkan Isinya
Berdasarkan isinya, peta dapat digolongkan menjadi dua :

1) Peta Umum
Peta umum merupakan peta yang menggambarkan keadaan umum dari suatu wilayah. Keadaan umum yang digambarkan meliputi objek atau ketampakan alam dan buatan. Objek alam, misalnya gunung, sungai, dataran rendah, dataran tinggi, dan laut. Objek buatan, misalnya kota, jalan, dan rel kereta api.

Peta umum ada tiga jenis :

a) Peta Topografi
Peta topografi adalah peta yang menggambarkan permukaan bumi lengkap dengan reliefnya. Penggambaran relief permukaan bumi ke dalam peta digambar dalam bentuk garis kontur. Garis kontur adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai ketinggian yang sama

b) Peta Chorografi
Peta chorografi adalah peta yang menggambarkan seluruh atau sebagian permukaan bumi dengan skala yang lebih kecil antara 1 : 250.000 sampai dengan 1 : 1.000.000 atau lebih.

c) Peta Dunia
Peta dunia adalah peta umum yang berskala sangat kecil dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

2) Peta Khusus (Tematik)
Peta khusus (tematik) adalah peta yang menggambarkan ketampakan-ketampakan (fenomena geosfer) tertentu, baik kondisi fisik maupun sosial budaya

Contoh peta khusus/tematik antara lain peta curah hujan, peta kepadatan penduduk, peta penyebaran hasil pertanian, peta penyebaran hasil tambang, dan peta jalur penerbangan atau pelayaran.

b. Berdasarkan Skalanya
Peta tidak sama ukurannya (besarnya). Ada peta yang berukuran besar dan ada peta yang berukuran kecil. Besar kecilnya peta ditentukan oleh besar kecilnya skala yang digunakan. Berdasarkan skalanya, peta dapat digolongkan sebagai berikut.
  1. Peta kadaster, berskala 1:100 - 1:5.000
  2. Peta skala besar, berskala 1:5.000 - 1:250.000
  3. Peta skala sedang, berskala 1:250.000 - 1:500.000
  4. Peta skala kecil, berskala 1:500.000 - 1:1.000.000
  5. Peta skala geografis, berskala lebih dari 1:1.000.000

c. Berdasarkan Sumber Datanya
Berdasarkan sumber datanya, peta dapat digolongkan sebagai berikut.
  1. Peta dasar (basic map) merupakan peta yang dihasilkan dari survei langsung di lapangan dan dilakukan secara sistematis.
  2. Peta turunan (derived map) merupakan peta yang dibuat (diturunkan) berdasarkan acuan peta yang sudah ada sehingga survei langsung ke lapangan tidak diperlukan lagi

Demikian artikel mengenai Pengertian dan Jenis Peta. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done