Sejarah Akuntansi di Indonesia - masrafli.com

Rabu, 03 Juli 2019

Sejarah Akuntansi di Indonesia


Sejarah Akuntansi di Indonesia - Di Indonesia akuntansi mulai dikenal sejak penjajahan Belanda sehingga pada awalnya akuntansi yang berkembang di Indonesia menggunakan sistem kontinental atau lebih dikenal dengan istilah tata buku.

Sejalan dengan perkembangan zaman dan kepentingan Indonesia dalam dunia usaha yang mulai berkiblat ke Amerika, maka sejak tahun 1970-an mulai berkembang sistem Anglo Saxon atau akuntansi Amerika (American Accounting) yang lebih dikenal dengan sebutan akuntansi.


Sebenarnya tata buku dan akuntansi meenrapkan sistem berpasangan, namun tata buku lebih menitikberatkan pada pencatatan, sedangkan akuntansi lebih menitikberatkan pada laporan keuangan.


Akuntansi memiliki tiga tahap kegiatan, yaitu tahap pencatatan, tahap pengikhtisaran dan tahap pelaporan. Dengan demikian tata buku merupakan bagian dari akuntansi karena termasuk ke dalam tahap pencatatan.


Demikian artikel mengenai Sejarah Akuntansi di Indonesia. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done