6 Ilmu Pengetahuan Pendukung Ilmu Prasejarah - masrafli.com

Minggu, 11 Agustus 2019

6 Ilmu Pengetahuan Pendukung Ilmu Prasejarah

Ilmu pengetahuan pendukung ilmu prasejarah ada 6 macam, yaitu Paleontologi, Geologi, Filologi, Palaeoantropologi, Arkeologi, dan Antropologi Budaya. Berikut ini pengertiannya.


1. Paleontologi
Paleontologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sisa-sisa manusia, hewan, dan tumbuhan yang telah membatu dan tinggal bekas-bekasnya, yang membuktikan tentang adanya kehidupan manusia purba. Atau paleontology = ilmu tentang fosil.

2. Geologi
Geologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang lapisan bumi serta perbatuan, sehingga kita dapat mengetahui umur dari fosil yang terdapat dalam lapisan bumi. Fosil adalah benda-benda organik yang telah membatu karena proses kimiawi.

3. Filologi
Filologi yaitu ilmu perbandingan bahasa.

4. Palaeoantropologi
Palaeoantropologi adalah ilmu antropologi yang mempelajari asal-usul terjadinya dan perkembangan makhul manusia dengan objek penyelidikan berupa fosil (sisa-sisa tubuh) manusia purba, yang tersimpan dalam lapisan bumi dan harus didapati oleh penelitian dengan berbagai metode penggalian.

5. Arkeologi 
Arkeologi atau ilmu kepurbakalaan yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dan purbakala untuk menyusun kembali kehidupan manusia dalam masyarakat masa lalu.

6. Antropologi Budaya
Antropologi Budaya yaitu ilmu pengetahuan tentang peradaban manusia dari bentuk yang paling sederhana sampai tingkat yang lebih maju.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done