7 Kaidah Pemenggalan Suku Kata - masrafli.com

Minggu, 04 Agustus 2019

7 Kaidah Pemenggalan Suku Kata

Pemenggalan suku kata digunakan jika kata terpisah oleh pergantian baris. Berikut ini 7 kaidah pemenggalan suku kata dalam PUEBI, antara lain sebagai berikut.


1. Jika ditengah kata terdapat vokal yang berurutan, pemenggalan dilakukan diantara kedua vokal itu; misalnya main (ma-in). Sedangkan untuk huruf vokal au,oi, ai tidak dilakukan pemenggalan diantara dua huruf vokal tersebut; misalnya aula (au-la bukan a-ula).

2. Jika ada satu konsonan di tengah kata, maka pemenggalan dilakukan sebelum konsonan; misalnya ada (a-da), barang (ba-rang).

3. Jika terdapat dua konsonan di tengah kata, maka pemenggalan dilakukan diantara konsonan pertama dengan konsonan kedua; misalnya swasta (swas-ta), pabrik (pab-rik)

4. Jika di tengah kata terdapat tiga buah konsonan atau lebih, pemenggalan dilakukan di antara huruf konsonan yang pertama; misalnya infra (in-fra)

5. Jika terdapat kata yang ada imbuhan awal atau akhir, kata tersebut dipenggal sesuai dengan kata dasarnya; misalnya makanan (makan-an), merasakan (me-rasa-kan).

6. Kata yang terdiri atas dua unsur yang dipenggal berdasarkan unsur-unsurnya; misalnya miligram (mili-gram), biografi (bio-grafi).

7. Jika terdapat satu huruf vokal pada akhir satu kata dalam pergantian baris, maka kata tersebut tidak boleh dipisahkan; misalnya meng-a-lami, a-kan.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done