Jenis-Jenis Sejarah dan Contohnya - masrafli.com

Jumat, 02 Agustus 2019

Jenis-Jenis Sejarah dan Contohnya

Jenis-Jenis Sejarah dibedakan menjadi 7, yaitu sejarah lokal, sejarah nasional, sejarah dunia, sejarah geografi, sejarah ekonomi, sejarah sosial, dan sejarah politik. Berikut ini penjelasan beserta contohnya.


1. Sejarah Lokal
Sejarah lokal merupakan suatu peristiwa yang terjadi di suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Contohnya sejarah pembunuhan masal Rawamangi.

2. Sejarah Nasional
Sejarah Nasional merupakan suatu perisitwa sejarah yang cakupannya lebih besar daripada sejarah lokal dan berpengaruh terhadap bangsa. Contohnya peristiwa proklamasi.

3. Sejarah Dunia
Sejarah dunia merupakan sebuah peristiwa sejarah yang dapat memengaruhi perkembangan dunia internasional. Contohnya Perang Dunia I & II.

4. Sejarah Geografi
Sejarah geografi merupakan sebuah ilmu sejarah yang mempelajari tentang gejala alam. Contohnya pertumbuhan flora dan fauna.

5. Sejarah Ekonomi
Sejarah ekonomi merupakan sebuah ilmu sejarah yang membahas bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan hidup. Contohnya sejarah bagaimana pemerintah memenuhi kebutuhan rakyatnya selama ini.

6. Sejarah Sosial
Sejarah sosial merupakan sebuah ilmu sejarah sosial bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Contohnya sejarah tentang suku Baduy.

7. Sejarah Politik
Sejarah politik merupakan sebuah ilmu sejarah yang membahas tentang sejarah ketenagakerjaan atau politik. Contohnya sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done