Kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi - masrafli.com

Rabu, 07 Agustus 2019

Kerajaan Islam di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi

Kerajaan Islam di Jawa,  Sumatra, dan Sulawesi - Kerajaan-kerajaan di Indonesia ada yang bercorak Hindu Budha dan ada yang Islam. Adapun kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, antara lain sebagai berikut.

1. Kerajaan Samudra Pasai 

Kerajaan ini terletak di sekitar Lhok-semawe Aceh. Raja pertama Samudra Pasai ialah Sultan Malik al Saleh, yang memerintah hingga tahun 1297 M.

2. Kerajaan Aceh

Kerajaan Aceh berdiri pada awal abad ke 16. Pendiri kerajaan Aceh ini ialah Sultan Ibrahim, yang dikenal dengan Sultan Ali Manghayat Syah (1514-1528).

3. Kerajaan Demak

Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Kerajaan Demak berdiri pada akhir abad ke-15. Letak kerajaan Demak di daerah Bintaro dekat Muara Sungai demak. 

Pusat kerajaanya terletak antara pelabuhan Bergota dan Jepara. Raden Patah adalah pendiri kerajaan Demak.

4. Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang berada di Banten dibawah pemerintahan Sultan Trenggono, kemudian Sultan Hadiwijaya.

5. Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram Islam berdiri pada tahun 1586 M. Raja pertamanya adalah Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati (1586-1601)

6. Kerajaan Banten

Banten dulunya berada di bawah kerajaan Demak. Ketika Sultan Trenggono wafat dan terjadi perebutan kekuasaan di Demak, Banten di bawah perintah Faletehan memisahkan diri dari Demak. 

Banten berdiri menjadi negara sendiri, yaitu kerajaan Banten. Raha pertamanya ialah Faletehan.

 7. Kerajaan Cirebon



Kerajaan Cirebon didirkan oleh Faletehan dan beliau menjadi rajanya yang ertama, disamping seorang raja, Faletehan juga seorang ulama bahkan beliau sebagia salah satu wali songo. Faletehan dikenal sebagai sunan Gunung Jati


8. Kerajaan Ternate 

Kerajaan Ternate berdiri pada abad ke-13.Ibu kota kerajaan ini di Sampalu (Kepulauan Maluku bagian utara). Rajanya ialah Sultan Zaenal Abidin.

9. Kerajaan Gowa-Tallo (Makassar)

Kerajaan ini disebut kerajaan Makassar karena letaknya di kota Makassar yang sekarang bernama Ujung Pandang. 

Kerajaan ini semula terdiri dari dua kerajaan yaitu kerajaan gowa dan Kerajaan Tallo. Raja Gowa adalah Daeng manrabia dan Tallo rajanya Karaeng Matoaya.

10. Kerajaan Tidore

Kerajaan Tidore berdiri hampir bersamaan dengan kerajaan Ternate yaitu abad ke-13. Sultan Tidore yang terkenal ialah Sultan Nuku.

11. Kerajaan Banjar

Kerajaan ini ada di Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Pendiri kerajaan ini ilaha Pangeran Samodra, berdiri sekitar abad ke-16.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done