Unsur-Unsur Keteraturan Sosial - Masrafli

Rabu, 06 November 2019

Unsur-Unsur Keteraturan Sosial

Pada artikel kali ini, masrafli akan membahas mengenai Unsur-Unsur Keteraturan Sosial. Berikut ini pembahasannya.


1. Tertib Sosial
Merupakan kondisi kehidupan suatu masyarakat yang teratur, dinamis, dan aman sebagai akibat adanya hubungan yang selaras antara tindakan, norma dan nilai sosial. Kehidupan masyarakat yang tertib ditandai dengan hal-hal di bawah ini,

  • Individu atau kelompok bertindak sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku
  • Adanya pranata-pranata sosial yang saling mendukung
  • Adanya kerja sama yang menyenangkan dan harmonis.
  • Adanya sistem norma dan nilai sosial yang diakui dan dijunjung tinggi oleh anggota masyarakat.


2. Order

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia order berarti perintah atau pesanan untuk melakukan sesuatu. Dalam sosiologi, order adalah sistem norma dan nilai sosial yang berkembang, diakui, dan dipatuhi oleh seluruh anggota masyarakat.
    
Order atau perintah muncul sebagai hasil perkembangan keteraturan sosial. Oleh karena itu, order sebagai bagian dari sistem nilai dan norma sosial turut mengatur tindakan setiap individu atau kelompok masyarakat tertentu dalam interaksi sosial.

3. Keajegan

Merupakan keteraturan sosial yang tetap dan relatif tidak berubah sebagai hasil hubungan selaras antara tindakan, norma, dan nilai dalam interaksi sosial.

4. Pola

Dalam sosiologi pola berarti gambaran atau corak hubungan sosial yang tetap dalam interaksi sosial. Terbentuknya pola dalam interaksi sosial tersebut melalui proses cukup lama dan berulang-ulang dan akhirnya menjadi model yang ditiru oleh masyarakat.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done