Kerajaan Holing - masrafli.com

Selasa, 04 Februari 2020

Kerajaan Holing


Pada abad ke-7 di Jawa bagian utara berdiri satu kerajaan yang bernama Holing. Berita yang berasal dari Dinasti Tang di Cina menyebutkan bahwa letak kerajaan Holing berbatasan dengan laut di sebelah selatan, Ta-Hen-la di sebelah utara, Poli (Bali) di sebelah timur, To-Po-Teng di sebelah barat.

Nama lain dari Holing adalah Cho-po (Jawa) maka dapat disimpulkan kerajaan Holing terletak di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Kondisi Politik
Berdasarkan dari berita Cina disebutkan bahwa kerajaan Holing diperintah oleh seorang raja putri yang bernama Ratu Sima. Pemerintahannya berlangsung dari sekitar tahun 674 M, pemerintahaanya keras namun adil dan bijaksana, kepada setap pelanggar selalu diberikan sanksi tegas sehingga rakyat tunduk dan taat terhadap segala perintah Ratu Sima, bahkan tidak ada rakyat atau pejabat kerajaan yang berani melanggar segala perintahnya.

Kondisi Sosial
Kehidupan sosial masyarakat Holing sangat tertata rapi karena pemerintahan ratu Sima yang keras, adil dan bijaksana. I-Tsing menyebutkan bahwa seorang temannya bernama Hui-Ning dengan pembantunya bernama Yunki pernah pergi ke Holing pada tahun 664/665 M untuk mempelajari ajaran agama Budha.

Kehidupan Budaya
I-Tsing dari Cina menyebutkan pada tahun 644 M, Hwi-Ning seorang pendeta Budha dari Cina datang dan menetap di Holing selama 3 tahun, bahkan Ia menerjemahkan salah satu kitab suci agama Budha Hinayana yang berbahasa Sanskerta ke dalam bahasa Cina.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done