Metode tambang terbuka, bawah tanah, dan bawah air - masrafli.com

Selasa, 03 Maret 2020

Metode tambang terbuka, bawah tanah, dan bawah air

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai metode tambang. Penambangan bahan galian dibagi atas tiga bagian yaitu tambang terbuka, tambang bawah tanah, dan tambang bawah air.




 Metode Tambang Terbuka

Tambang terbuka secara umum didefinisikan sebagai kegiatan penambangan bahan galian yang berhubungan langsung dengan udara luar. Terdapat tahapan umum dalam kegiatan penambangan terbuka yaitu pembersihan lahan, pengupasan tanah pucuk dan menyimpannya di tempat tertentu, pembongkaran dan penggalain tanah penutup (overburden) dengan menggunakan bahan peledak ataupun tanpa bahan peledak dan memindahkannya ke disposal area, penggalian bahan galian atau eksploitasi, dan membawanya ke stockpile untuk diolah dan dipasarkan serta melakukan reklamasi lahan bekas pertambangan.

Metode Tambang Bawa Tanah

Tambang bawah tanah secara umum didefinisikan sebagai tambang yang tidak berhubungan langsung dengan udara luar. Terdapat beberapa tahapan dalam tambang bawah tanah yaitu, pembuatan jalan utama (main road), pemasangan penyangga (supported), pembuatan lubang maju untuk produksi, ventilasi, drainase, dan fasilitas tambang bawah tanah lainnya. Setelah itu melakukan operasional penambangan bawah tanah dengan atau tapna bahan peledak dan kemudian membawa bahan galian ke stock pile untuk diolah dan dipasarkan.


Metode Tambang Bawah Air

Tambang bawah air ialah metode penambangan di bawah air yang dilakukan untuk endapan bahan galian aluvial, marin dangkal, dan marin dalam. Peralatan utama penambangan bawah air ini adalah kapal keruk.

Demikian artikel mengenai Metode tambang terbuka, bawah tanah, dan bawah air. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!


Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done