Nasionalisme di India - masrafli.com

Jumat, 13 Maret 2020

Nasionalisme di India


Nasionalisme India adalah sebuah instansi dari nasionalisme teritorial, yang meliputi seluruh suku bangsanya, terlepas dari latar belakang etnis dan agama mereka yang beragam. Konsep tersebut masih sangat mempengaruhi politik India dan merefleksikan perlawanan pendirian sektarian nasionalisme Hindu dan nasionalisme Muslim. Sebab-sebab munculnya nasionalisme di India adalah sebagai berikut.
  • perbaikan nasib rakyat oleh pemerintah Inggris tidak kunjung datang
  • kebudayaan Barat yang dipaksakan oleh Inggris
  • hanya orang-orang Inggris yang menduduki pemerintahan
  • pemberian status dominan untuk Kanada pada tahun 1867
  • mucnulnya kaum terpelajar yang telah mengenyam pendidikan Barat
Pergerakan nasional di India diwarnai oleh berbagai perkumpulan kaum terpelajar. Contohnya, All Indian National Congres 1885 yang merupakan majelis tempat para wakil rakyat India berjuang mendapatkan kemerdekaan, Liga Muslim / Muslim League 1906, Santiniketan, daerah tempat sekolah filosofi dan cinta bangsa yang didirikan Rabindranath Tagore, serta gerakan nasionalisme bidang keagamaan, seperti Brahma Samad dan Rama Krisna.

Mohandas Karamchand Gandhi atau lebih dikenal dengan Mahatma Gandhi merupakan Bapak Kemerdekaan India. Ia mencetuskan beberapa asas yang kemudian menggerakkan rakyat India dan mendorong menuju kemerdekaan India :
  1. Ahimsa, artinya melawan musuh tanpa kekerasan fisik
  2. Swadesi, artinya hidup dengan usaha sendiri
  3. Hartal, artinya pemogokan, tidak melakukan pekerjaan.
  4. Satyagraha, artinya menolak bekerja sama (non-cooperation) dengan Inggris.

Demikian artikel mengenai Nasionalisme di India. Anda dapat membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Anda juga bisa berkomentar jika dirasa ada yang kurang jelas. Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan Salam Literasi!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done