8 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan - masrafli.com

Jumat, 26 Juni 2020

8 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan

Belajar di rumah mungkin sebuah tantangan bagi kita semua, terlebih kondisi kita saat ini selama pandemi. Anda mungkin mudah terganggu dengan suara bising, hewan peliharaan yang ada di rumah, suara TV, anggota keluarga, dan teman sekamar. Masalah teknologi dan akses internet juga bisa menjadi kendala.


8 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan

Tetapi, kita mencoba sebisa mungkin untuk termotivasi produktif di rumah. Selama Covid-19 kita cukup tertekan mungkin karena sudah bosan di rumah. Belajar di rumah juga butuh kemauan yang kuat agar tetap fokus dan bisa beradaptasi memakai strategi baru untuk belajar.

Untuk itu, masrafli.com menyarankan beberapa tips belajar di rumah agar menyenangkan, berikut penjelasannya.


1. Buat Jadwal Rutin

Biasakan belajar anda seperti anda pergi ke sekolah atau perpustakaan. Tentukan waktu Anda bangun, mandi, makan, hingga belajar. Ketika sudah memiliki rutinitas yang rapi seolah hidup kita menjadi terstruktur dan kita sadar "ah mungkin sekarang saatnya aku belajar". 

2. Memiliki Ruang Belajar Khusus

Ruang belajar yang khusus perlu agar anda tetap fokus dan tidak terganggu. Bedakan tempat anda rebahan dan belajar, jangan rebahan sambil belajar mungkin itu kurang efektif. Buat diri Anda fokus ketika di ruang belajar.

3. Buat Catatan ketika Kelas Online berlangsung

Saat kita mendapatkan kelas online, matikan dulu handphone agar tidak ada notifikasi yang menganggu, dan tutup halaman web yang sekiranya tidak penting. Membuat catatan selama kelas online membantu Anda dengan membuat tangan anda sibuk dan otak juga berpikir, ini akan mengalihkan perhatian penuh Anda ketika kelas online berlangsung.

4. Jangan Lupa Olahraga dan Istirahat Cukup

Waktu istirahat dalam sesi belajar kita harus ditetapkan (misal setiap 45 menit) untuk bangun, gerakin badan dan relaksasi otak kita. Bisa dengan peregangan badan, dan olahraga kecil di rumah (push up, sit up, back up).

5. Jangan Lupa Waktu untuk Bersosialisasi

Berhubungan secara sosial juga penting ketika belajar di rumah, misalnya siang hari anda bisa video call dengan teman dan keluarga Anda. Mengobrol sesuatu bahkan membahas materi yang mungkin Anda kurang kuasai.

6. Buat Rencana Belajar Anda 

Misalnya kita bisa menulis apa yang perlu kita selesaikan atau kita capai dalam 3 hari ke depan, dan pilah mana tugas yang akan diselesaikan setiap hari. Ketika tugas banyak menumpuk, dan kita sudah mencicil satu persatu, itu akan membuat beban Anda berkurang. Jangan jadi deadliner ya, mepet mepet baru ngerjain tugas.

7. Makan dan Tidur yang Cukup

Anda bisa memilih cemilan yang sehat ketika belajar, dan makan siang malam yang tidak membuat Anda cepat mengantuk. Tidur minimal 7-8 jam di malam hari itu cara terbaik agar keeseokan harinya badan terasa segar.

8. Coba Hindari Multitasking

Anda bisa menentukan waktu yang kurang produktif untuk mengerjakan tugas dan melakukan hal yang Anda mau diluar belajar. Karena ketika belajar Anda harus fokus pada satu hal di satu waktu, fokus kepada satu hal lebih baik daripada mengerjakan banyak hal bersamaan. 

Mungkin itu beberapa tips belajar di rumah agar menyenangkan, tidak sulit bukan belajar di rumah? jika Anda memiliki tips lainnya, bisa Anda cantumkan di kolom komentar.

Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done